Selasa 14 Dec 2021 11:10 WIB

Myanmar Akui Kripto Tether Sebagai Mata Uang Resmi

NUG akan menerima proxy dolar USDT untuk penggunaan domestik.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
Uang kripto (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Uang kripto (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON -- Pemerintah bayangan Myanmar, Pemerintah Persatuan Nasional (NUG), yang terdiri dari pendukung pemimpin terguling Aung San Suu Kyi telah mengakui stablecoin tether (USDT) sebagai mata uang resminya.

Dilansir di Bloomberg, Selasa (14/12), Menteri Keuangan NUG Tin Tun Naing mengumumkan dalam sebuah unggahan Facebook bahwa NUG sekarang akan menerima proxy dolar, USDT, untuk penggunaan domestik untuk memudahkan dan mempercepat perdagangan, layanan, dan sistem pembayaran saat ini.

Meskipun NUG tidak memiliki kekuasaan resmi, NUG menyatakan perang melawan junta Myanmar, sebuah pemerintahan yang dipimpin oleh para pemimpin militer, pada bulan September. Junta berkuasa awal tahun ini setelah kudeta militer.

Pada Mei 2020, bank sentral Myanmar menyatakan semua mata uang digital ilegal. Oleh karena itu, adopsi tambatan NUG tampaknya merupakan tindakan pembangkangan.

Meskipun bebas dari perubahan harga yang tidak menentu yang biasa terjadi pada kripto, seperti bitcoin dan ether, tether telah lama terperosok dalam kontroversi atas ketidakjelasan cadangan dolar yang mendukungnya.

Tidak seperti Bitcoin atau Ethereum, di mana perubahan harga harian adalah tipikal, setiap Tether seharusnya didukung oleh satu dolar dan oleh karena itu dikenal sebagai stablecoin.

Poros ke mata uang kripto terjadi beberapa pekan setelah NUG mengumpulkan 9,5 juta dolar AS dalam 24 jam pertama dari penjualan apa yang dijanjikan kelompok itu sebagai “Obligasi Perbendaharaan Khusus Revolusi Musim Semi” kepada diaspora Myanmar di seluruh dunia. Obligasi ini untuk membantu menggulingkan pemerintah saat ini yang dipimpin oleh pemimpin kudeta Min Aung Hlaing. Obligasi tampaknya terstruktur seperti instrumen pinjaman langsung.

Penjualan dihentikan selama sepekan hingga 6 Desember karena permintaan yang tinggi dan hanya ada sedikit detail tentang berapa banyak yang telah dinaikkan sejauh ini. NUG juga berencana untuk menunjuk perwakilan di berbagai negara untuk membantu penjualan.

Pekan lalu, NUG mengatakan apa yang disebut obligasi ini akan segera dijual di Myanmar, memicu kemarahan yang meningkat terhadap rezim tersebut, tepat ketika pengadilan setempat memutuskan Suu Kyi bersalah karena menghasut perbedaan pendapat terhadap militer.

Suu Kyi dijatuhi hukuman penjara selama empat tahun, meskipun dipotong menjadi dua tahun di lokasi yang dirahasiakan saat ini di mana dia ditahan.

NUG bertujuan untuk mengumpulkan 1 miliar dolar AS dari penjualan obligasi, yang menurut junta melanggar undang-undang kontraterorisme.

Grup tersebut tampaknya berfokus pada kripto seperti Tether yang dapat diperdagangkan di tempat peer-to-peer yang memungkinkan pengguna lebih privasi. Namun, stablecoin telah menjadi pusat spekulasi selama bertahun-tahun bahwa itu tidak benar-benar didukung satu lawan satu dengan dolar seperti yang diklaim. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement