Selasa 14 Dec 2021 09:17 WIB

Cina Benteng, Tembok Ratapan: Lagu Gambang Kramat Karem Abadikan Meletusnya Krakatau 1883

Di Jakarta ternyata sempat ada semacam tembok ratapan para pengangut Yahudi

Kampung Cina Benteng di Tangerang
Foto: Tahta / Republika
Kampung Cina Benteng di Tangerang

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ridwan Saidi, Politisi Senior, Sejarawan, dan Budayawan Betawi.

Dengan adanya Kampung, atau Pondok, Benteng di Campea, Bogor, mestinya arkaeolog Indonesia dan Belanda bertaubat dengan sebenar-benar taubat bahwa pemahaman mereka bahwa benteng itu kasteel atau castle 'Salah'. 

Kalau melihat Pondok Benteng di Campae, bukan Ciampea, ikuti lidah penduduk: campea, dari kata Brazil campeas: menghebohkan, letak Pondok Campea terpencil. Benteng artinya terpencil. Sangat tak masuk akal kerajaan Sunda bangun kasteel di Campea. Di Kedung Halang saja tidak.

Cina Benteng adalah warga Tionghoa yang sejak XVII M berdiam di kawasan terpencil di Tangerang yang disebut Kampung Benteng yaitu antara lain di kampung Neglasari dan Wates. Mereka bertani. Hasrat berbaurnya dengan native cukup terpuji.

Mereka pengembang musik gambang kromong. Lewat lagu gambang Kramat Karem mereka mengabadikan peristiwa meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Dalam khayal arkaeolog, Jakarta adalah kota yang dilingkari kasteel. Makanya lambang Kotapraja Jakarta Raya 1950-an tugu Proklamasi dan kasteel.

Kalau ada tembok apa saja  oleh arkaeolog langsung dikasteelkan. Yang belum Gang Tembok di Kali Pasir dan Krukut.

Di Jakarta ada tembok 'Ratapan' yang didirikan komunitas Zion (Yahudi) pada abad XVI M. Zion dalam arti ritual, bukan blood (darah atau keturunan). Mereka datang dari Asia Tengah dan berdiam di Siongka, Mangga Dua.

Jalan Tongkol, Kota, dari kata tongkol yang bukan dari nama ikan, tapi tongkol di sini artinya ratapan. Metatesis tongkol (ratapan) dalam bahasa Betawi: dongkol.

Situs tembok ratapan di Jl Tongkol. Loji untuk tempat bermalam juga masih ada. Situs ini perlu perawatan sebagai benda archaic.

Anda tentu ingat lagu Chacha Mari cha. Ini Lagu aslinya untuk sambut kedatangan rabbi. Chacha panggilan akrab rabbi di kawasan Asia Tengah.

Chacha mari cha hohoy 

Chacha mari cha hohoy 

Pong tipong-tipong balong

 

Chacha kemarilah

(Kita) curahkan kesedihan

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement