Senin 13 Dec 2021 21:46 WIB

Swasta Siap Sinergi dengan Holding Aviasi dan Pariwisata

Pemulihan pariwisata butuh kekuatan besar dan kolaborasi.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani. Swasta siap bersinergi dengan Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani. Swasta siap bersinergi dengan Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani menyambut positif kehadiran Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata sebagai keseriusan pemerintah dalam pengembangan pariwisata. 

"Ini hal positif karena pembangunan pariwisata sangat membutuhkan dukungan pemerintah," ujar Hariyadi di Jakarta, Senin (13/12).

Baca Juga

Hariyadi menyebut, keberadaan para pelaku industri dalam bagian holding akan mendorong penguatan dan sinergitas dalam pengembangan pariwisata ke depan. Hariyadi menyebut Holding Aviasi dan Pariwisata juga akan bersinergi dengan swasta dalam pemulihan pariwisata.  

"Kekuatan ini harus besar untuk pariwisata Indonesia, bukan bersaing tapi kolaborasi antara BUMN dengan swasta semakin lebih baik ke depan," ucap dia.

Hariyadi berharap penyelenggaran kegiatan internasional dapat sejalan dengan peningkatan jumlah wisatawan yang datang, agar memberikan dampak nyata bagi negara dan masyarakat. 

Hariyadi menilai holding aviasi dan pariwisata juga memerlukan dukungan konkret dari regulasi sehingga dapat mengoptimalkan potensi pariwisata Indonesia. "Kita harus mendorong regulasi yang berpihak pada pengembangan pariwisata. Misal medical tourism itu bagus, tapi IDI mendukung tidak? IDI harus mendukung, kalau tidak mendukung ya susah. Regulasi yang akan membuat ekosistem kita lebih baik," kata Hariyadi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement