Senin 13 Dec 2021 10:59 WIB

Produsen Kendaraan Listrik Vietnam Mulai Bangun Pabrik Baterai

Sekitar 173,7 juta dolar AS akan diinvestasikan pada tahap pertama.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Kendaraan listrik. Ilustrasi.
Foto: Carscoops
Kendaraan listrik. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Pembuat kendaraan listrik Vietnam VinFast memulai pembangunan pabrik pembuatan baterai di negara itu. Baterai tersebut akan memberi daya pada mobil dan bus listriknya. 

Lebih dari 4 triliun dong atau sekitar 173,7 juta dolar AS akan diinvestasikan pada tahap pertama. Pabrik akan memiliki kapasitas memproduksi sebanyak 100 ribu paket baterai Lithium per tahun, kata perusahaan induk Vingroup dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga

Pabrik yang terletak di provinsi tengah Ha Tinh itu akan dikembangkan di atas 8 hektare. Pada tahap kedua, pabrik akan memperluas produksi memasukkan sel baterai dan membuat 1 juta paket baterai per tahun.

Hanya saja perusahaan tersebut masih enggan merinci waktunya. VinFast pun berencana membangun pabrik di Amerika Serikat (AS) pada akhir 2024.

Dilansir Bloomberg pada Senin (13/12), pabrik di AS nanti akan meluncurkan dua SUV listriknya yaitu VF e35 dan VF e36 di Los Angeles Auto Show pada November. Perusahaan mengharapkan mengambil preorder global untuk kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) pada paruh pertama 2022. Sementara Di pasar Vietnam, perusahaan bakal mengirimkan mobil listrik pertamanya ke pelanggan domestik pada 25 Desember.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement