Senin 13 Dec 2021 03:34 WIB

Bukan Hanya Evaluasi Tim, Ini Saran Pelatih Persib untuk Liga 1

Robert berharap pada putaran kedua kompetisi Liga 1 akan menjadi lebih baik lagi.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.
Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Putaran pertama kompetisi Liga 1 2021/2022 bagi Persib Bandung telah berakhir. Persib mengalahkan Persik Kediri dengan skor tipis 1-0 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Ahad (12/12).

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, mengaku telah mengetahui evaluasi secara keseluruhan bagi timnya di putaran pertama ini. Dia pun berjanji akan segera memperbaiki tim untuk putaran kedua nanti.

Baca Juga

"Saya rasa dari putaran pertama, kami adalah tim yang akan melakukan evaluasi. Kami sudah memainkan 17 laga dan tahu apa saja yang masih menjadi kendala di tim yang harus diperbaiki," kata Robert usai laga.

Namun sebagai peserta kompetisi, pelatih asal Belanda ini turut memberikan saran untuk putaran kedua nanti. Putaran kedua akan dibagi menjadi dua seri dan menggunakan venue di Bali.

"Yang harus diperbaiki dari liga ini terutama karena nanti semuanya akan bermain di Bali, yang harus diperhatikan adalah kualitas dari lapangan," kata Robert.

Robert mengakui format semibubble membuat tim peserta harus terus menerus menggunakan lapangan yang sama. Di saat yang sama, jajaran pelatih harus memastikan pemain tidak mengalami cedera dan kelelahan akibat buruknya lapangan.

"Karena kualitas lapangan sangat penting. Untuk menciptakan sepak bola yang bagus, maka dibutuhkan lapangan yang bagus. Ini adalah hal yang perlu diperhatikan," kata Robert.

Di sisi lain, Robert turut menyoroti kualitas pengampu pertandingan yang harus diperbaiki. Menurutnya, di putaran pertama ini keputusan wasit seringkali merugikan tim. Sebut saja saat pelanggaran yang terjadi di kotak penalti, wasit seringkali tidak memberikan hadiah penalti.

"Situasi yang tidak seharusnya menjadi penalti justru dihadiahi penalti. Ini yang harus dievaluasi," kata Robert.

Robert berharap pada putaran kedua nanti baik tim ataupun kompetisi akan menjadi lebih baik lagi. Dia pun percaya bahwa seluruh elemen sepak bola akan memberikan yang terbaik pada kompetisi ini. "Kami mengharapkan faktor lainnya bisa memberi yang terbaik, termasuk kualitas pertandingan yagn dikendalikan perangkat pertandingan," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement