Ahad 12 Dec 2021 21:40 WIB

Dramatis, Max Verstappen Juara F1 2021, Kalahkan Lewis Hamilton di GP Abu Dhabi

Max Verstappen menyalip Lewis Hamilton di lap terakhir GP Abu Dhabi.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Pembalap Red Bull Max Verstappen dari Belanda bereaksi setelah menjadi juara dunia Formula Satu (F1) 2021 usai menjuarai GP Abu Dhabi di Sikruit Yas Marina, Uni Emirat Arab, Ahad, 12 Desember 2021.
Foto: AP/Kamran Jebreili
Pembalap Red Bull Max Verstappen dari Belanda bereaksi setelah menjadi juara dunia Formula Satu (F1) 2021 usai menjuarai GP Abu Dhabi di Sikruit Yas Marina, Uni Emirat Arab, Ahad, 12 Desember 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Max Verstappen keluar sebagai juara dunia balap Formula Satu (F1) musim 2021. Pembalap Red Bull ini memastikan gelar juara secara dramatis, menyalip pesaing terdekatnya Lewis Hamilton pada lap terakhir GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Ahad (12/12) malam WIB.

Dengan kemenangan di ABu Dhabi, Verstappen mengunci klasemen pembalap F1 2021 dengan nilai 395,5 unggul delapan poin dari Hamilton di posisi kedua.  

Baca Juga

Verstappen mengawali balapan dari pole position. Meski demikian, dirinya hanya mampu mempertahankan tempatnya hingga ke lap ketiga karena Hamilton berhasil mendahuluinya. 

Duel sengit terus terjadi antarkeduanya. Hamilton dan Verstappen hanya berjarak dua detik di lap keenam. Verstappen tampil lebih gesit dengan terus mengekor saingannya di belakang. 

Akan tetapi, agresivitas Verstappen menyebabkan dirinya mengalami masalah pada ban belakang. Ia sempat mengirim pesan lewat radio pada mobilnya kepad tim soal kendala yang ia alami. Ini membuat Hamilton memperlebar jarak waktu hingga lima detik di lap ke-12.

Hamilton dan Verstappen memutuskan menepi ke pit stop di lap ke-16 sehingga Sergio Perez sempat mencuri tempat pertama. Meski demikian, Hamilton berhasil merebut Kembali posisi terdepan, diikuti oleh Verstappen di belakangnya. 

Verstappen memutuskan kembali ke pit stop untuk mengganti ban baru di lap ke-38. Ini membuat jarak waktu sempat menyentuh 17 detik. Meski begitu, pembalap asal Belanda itu perlahan-lahan memangkas jarak dengan Hamilton. 

Kedua rival itu terus-menerus berhimpitan satu sama lain. Verstappen mampu mengurangi jarak waktu sedikit demi sedikit hingga berselisih 11 detik. Balapan semakin menegangkan karena penyelenggara sempat mengibarkan bendera kuning karena sebuah insiden yang menimpa pembalap Williams, Nicholas Latifi. 

Insiden ini tampaknya menguntungkan Verstappen karena ban Hamilton semakin aus. Sementara ban yang digunakannya masih segar.

Balapan tetap berlanjut ketika tersisa empat lap. Verstappen terus menempel ketat Hamilton. Usahanya membuahkan hasil ketika berhasil menyalip Hamilton di tikungan 5 lap terakhir untuk finis pertama. Kemenangan Verstappen ini sekaligus menggagalkan pembalap Inggris Raya itu merebut gelar juara kedelapan sepanjang kariernya di F1. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement