Ahad 12 Dec 2021 17:19 WIB

Piala AFF: Indonesia Ungguli Laos pada Babak I

Indonesia unggul lewat penalti Asnawi Mangkualam dan Irfan Jaya di Grup Piala AFF.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya usai membobol gawang Timnas Laos di dalam babak pertama pertandingan grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Ahad (12/12/21). Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Laos 5-1.
Foto: ANTARA/Humas PSSI
Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya usai membobol gawang Timnas Laos di dalam babak pertama pertandingan grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Ahad (12/12/21). Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Laos 5-1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia untuk sementara memimpin 2-1 atas Laos dalam babak pertama pertandingan kedua Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Ahad (12/12). Indonesia unggul lewat penalti Asnawi Mangkualam dan Irfan Jaya.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong melakukan banyak rotasi dengan kedatangan pemain yang baru bergabung dengan tim. Kini Shin mempercayakan lini depan pada Kushedya Hari Yudo, Dedik Setiawan, dan Irfan Jaya.

Baca Juga

Sementara itu Laos nyaman dengan strategi menyerang. Pelatih Laos Selvaraj Vengadasalam tetap mempercayakan lini depan dengan menurunkan Billy Koekeophomphone sebagai juru gedornya. 

Jalannya pertandingan

Indonesia lebih dahulu menguasai dari peluang pertama Dedik yang masih jauh dari gawang. Laos mencoba serangan balik meski masih bisa diantisipasi dengan mudah oleh kiper Ernando Ari.  

Indonesia menguasai lini pertahanan Laos yang memaksa lawan terus bertahan hingga akhirnya pelanggaran pada menit 20. Tendangan bebas yang dieksekusi oleh Evan Dimas berhasil dihalau oleh Laos. 

Namun penyelamatan itu kemudian dilanjutkan oleh Kydavone dengan pelanggaran di kotak penalti. Wasit memberikan hadiah penalti yang dieskekusi dengan baik oleh Asnawi Mangkualam. Skor berubah menjadi 1-0 atas keunggulan Indonesia pada menit ke-22.

Tertinggal satu gol memaksa Laos mencoba untuk menekan lini pertahanan Indonesia. Menit ke-28, tendangan pojok Laos masih gagal menembus gawang Ernando. 

Tendangan bebas Laos yang ditendang oleh Billy masih melewati atas gawang Indonesia. Indonesia kembali menyerang lini pertahanan Laos, umpan Asnawi menjadi gol dari tap in Irfan Jaya. Menit ke-25, Indonesia unggul 2-0 atas Laos. 

Menit ke-38, Kydavone membayar kesalahan penaltinya dengan mencetak gol indah jarak jauh yang tidak bisa diantisipasi oleh Ernando. Skor berubah menjadi 2-1 masih keunggulan Indonesia. 

Menit ke-41, Irfan Jaya melepas peluang setelah sundulannya masih melambung jauh dari gawang Laos. Menit terakhir waktu normal babak pertama diisi dengan peluang emas Laos yang terbuang karena Billy terkena jebakan offside. 

Wasit memberikan waktu tambahan satu menit untuk perpanjangan waktu babak pertama. Indonesia kembali mencoba menambah gol meski peluang dari tendangan bebas Irfan Jaya masih menyamping. Babak pertama berakhir dengan skor 2-1 untuk Indonesia.

Daftar Susunan Pemain

Indonesia (4-3-3)

Ernando Ari Sutaryadi; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga Santosa, Moch Edo Febriansyah; Ricky Kambuaya, Evan Dimas, Rachmat Irianto; Kushedya Hari Yudo, Dedik Setiawan, Irfan Jaya.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Laos (3-4-3)

Keo Oudone Souvanasangso; Kaham Phetsivilay, Xeedee Pomsavanh, Mitsada Saitalfah, Thipphachanh Inthavong; Phathana Phommathep, Phoutthasay Khochalem, Loungleuang Keophouvong; Kydavone Souvanny, Bounphacan Bounkong, Billy Ketkeophomphone

Pelatih: Vengadasalam Selvaraj

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement