Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Program TP PKK Harus Sejalan dengan Prioritas Pemerintah

Ahad 12 Dec 2021 17:08 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Tri Tito Karnavian.

Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Tri Tito Karnavian.

Foto: Dok Kemendagri
TP PKK berperan mencegah stunting dengan pendampingan ibu hamil maupun anak-anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) perlu menajamkan program prioritas gerakan PKK agar dirasakan masyarakat. Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian menekankan, penajaman dilakukan dengan mengacu pada 10 program pokok PKK agar memiliki satu visi dan misi dalam setiap kegiatan.

Selain itu, 10 program pokok tersebut harus selaras dengan program prioritas pemerintah yang berjalan saat ini. Dari keselarasan itu, TP PKK kemudian merumuskan sejumlah program unggulan yang didasarkan pada berbagai komponen program terkait,  yang disesuaikan dengan kondisi daerahnya masing-masing.

Baca Juga

"Dari sinilah maka akan diperoleh empat komponen program yang ada keselarasannya dengan 10 program pokok PKK, yaitu pertama program kesehatan, (kedua) pendidikan, (ketiga) ekonomi, dan (keempat) sosial," ujar Tri saat membuka acara 'Rapat Koordinasi Nasional TP PKK Dalam Rangka Mendorong Sinergisitas Kebijakan Perencanaan Program PKK' yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (10/12).

Dari keempat bidang program unggulan tersebut, kemudian TP PKK menentukan program prioritas yang berkaitan dengan fungsi dari empat kelompok kerja (pokja) TP PKK. Program prioritas itu, yakni pola asuh dalam keluarga, peningkatan pendapatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga, dan kesehatan dasar keluarga.

"Dari keempat bidang program prioritas tersebut, harus dapat kita tentukan jenis program yang berciri khas gerakan PKK, yang akan menjadi identitas program yang dikelola dari dan oleh Tim Penggerak PKK," terang Tri dalam siaran.

Menurut Tri, TP PKK telah memiliki sejumlah program yang memiliki ciri khas sesuai dengan gerakan PKK. Program tersebut misalnya, yaitu ‘pendidikan karakter keluarga melalui pola asuh anak dan remaja di era digital’ atau disebut Paredi. Program lainnya, yaitu ‘gerakan keluarga Indonesia dalam peningkatan kualitas pendidikan dan pengelolaan ekonomi’ atau disebut Gelari Pelangi.

Tak hanya itu, ada program ‘gerakan amal dan kukuhkan halaman asri teratur indah dan nyaman’ (aku hatinya PKK) serta gerakan PKK keluarga sehat, tanggap, dan tangguh bencana.

Dia menjelaskan, ke-empat program tersebut berperan dalam mencegah stunting melalui pola penajaman pendampingan kepada para ibu hamil maupun anak-anak yang berpotensi mengalami tumbuh kerdil. Tri berharap, seluruh pengurus maupun kader TP PKK dapat bekerja sesuai petunjuk pelaksana.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA