Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nando Rifky

Mengenal Apa itu Omnichanel dan Manfaat dari Omnichannel

Teknologi | Friday, 10 Dec 2021, 23:43 WIB
Sumber: Taptalk.io

Dunia perdagangan terus berkembang, baik untuk bisnis maupun konsumen. Ketika pelanggan menjadi lebih paham teknologi dan mengakses berbagai saluran dan platform dari berbagai perangkat, organisasi ataupun perusahaan harus berusaha untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan membangun serta memelihara hubungan yang lebih baik.

Salah satu istilah yang sering disebut untuk mencapai hal tersebut adalah omnichannel. Lantas, apa itu omnichannel? dan apa manfaat yang didapatkan ketika menggunakan omnichannel?

Sumber: Taptalk.io

Apa itu Omnichannel?

Omnichannel adalah platform yang mampu mengintegrasikan berbagai saluran yang digabungkan menjadi satu sistem manajemen untuk meningkatkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Disini, omnichannel akan berfokus menjadi jembatan komunikasi antara pelanggan dengan perusahaan, sehingga akan mendapatkan pengalaman terbaik.

Keuntungan Menggunakan Omnichannel

Sebagai pemilik bisnis, Anda pasti ingin tahu apakah beralih ke strategi omnichannel akan berhasil dan apa keuntungan sebenarnya. Salah satu studi di Harvard Business Review yang mensurvei 46.000 pembeli, 73% dari jumlah tersebut menyatakan bahwa mereka menggunakan banyak saluran daripada hanya satu atau dua saluran.

Jadi, kita dapat melihat bahwa strategi ini berhasil, tetapi apa manfaat dari omnichannel sebenarnya?

Retensi Pelanggan

Setiap bisnis tahu bahwa mempertahankan pelanggan adalah bagian penting dari kesuksesan jangka panjang. Dengan menawarkan pendekatan omnichannel, Anda membantu memastikan bahwa pelanggan Anda akan kembali menggunakan layanan Anda karena pengalaman yang positif dan konsisten.

Kepuasan Pelanggan

Pelanggan yang bahagia adalah pelanggan yang akan Anda pertahankan dan sering melakukan pembelian dari Anda. Ini akan terkait dengan layanan yang mereka terima di titik penjualan dan layanan dukungan, termasuk dukungan teknis, live chat, dll.

Rekomendasi & Ulasan

Pelanggan yang puas tidak hanya akan terus menggunakan bisnis Anda, tetapi mereka cenderung memposting ulasan positif (yang dengan sendirinya dapat menghasilkan pelanggan baru) dan merekomendasikan layanan Anda kepada keluarga dan teman.

Peningkatan Pendapatan

Tentu saja, pelanggan tetap dan pelanggan baru yang mereka tuju ke perusahaan Anda berarti peningkatan pendapatan, sesuatu yang kita semua ingin lihat. Survei dari Harvard Business Review itu menyimpulkan bahwa pelanggan omnichannel Anda bisa menjadi 30% lebih berharga bagi organisasi Anda daripada konsumen single-channel lainnya.

Efisiensi Organisasi

Dengan mengintegrasikan semua saluran, Anda meningkatkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan efisiensi bisnis Anda sendiri. Menyederhanakan saluran Anda, dan khususnya, database Anda membuat bisnis dan informasi produk atau layanan Anda lebih terlihat oleh pelanggan lama dan baru.

Pengumpulan Data dan Analitik yang Lebih Baik .

Setelah Anda menerapkan strategi omnichannel terintegrasi, Anda akan memiliki gambaran umum yang lebih baik tentang bagaimana konsumen menggunakan saluran Anda. Anda akan mengumpulkan lebih banyak data pelanggan tentang 'kapan, bagaimana, di mana, dan mengapa' mereka mengakses saluran yang berbeda. Ini, pada gilirannya, memungkinkan Anda untuk memanfaatkan analitik dengan lebih baik untuk terus meningkatkan layanan yang Anda tawarkan.

*Taptalk.io

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image