Ahad 12 Dec 2021 00:03 WIB

Gol Mohamed Salah Jadi Pahlawan Kemenangan Liverpool atas Aston Villa

Pemain Muslim asal Mesir tersebut mencetak gol melalui titik putih usai dijatuhkan.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Yudha Manggala P Putra
 Pemain Liverpool Mohamed Salah merayakan gol. Ilustrasi
Foto: AP/Jon Super
Pemain Liverpool Mohamed Salah merayakan gol. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Mohamed Salah menjadi pahlawan kemenangan 1-0 Liverpool atas Aston Villa pada pekan ke-16 Liga Inggris, di Stadion Anfield, Sabtu (11/12) malam WIB. Pemain Muslim asal Mesir tersebut mencetak gol melalui titik putih setelah ia dijatuhkan Mings di area terlarang.

Liverpool tancap gas sejak babak pertama dimulai. The Reds yang menggunakan formasi 4-3-3 dengan Oxlade-Chamberlain menemani Mohamed Salah dan Sadion Mane menggempur pertahanan Aston Villa. Namun kiper Villa Emiliano Martinez tampil gemilang yang mampu menggagalkan beberapa kali peluang tuan rumah.

Baca Juga

Pada menit keenam sundulan Mane memanfaatkan umpan silang Jordan Henderson bisa diblok.  Tembakan kaki kanan Tren Alexander-Arnold pada menit ke-11 pun masih gagal. Tiga menit berselang, giliran Villa yang mengancam pertahanan Liverpool melalui tembakan Douglas Luis meskipun gagal.

Pertahanan rapat yang diterapkan pasukan Steven Gerrard membuat para pemain Liverpool kesulitan menusuk ke area penalti. Sehingga mereka banyak melakukan tembakan-tembakan dari area luar kotak penalti.

Villa melakukan transisi dari bertahan ke menyerang cukup baik. Meskipun mereka jarang melakukan serangan, namun ketika ada kesempatan, mereka menusuk dengan cepat ke jantung pertahanan Liverpool. Pressing ketat kepada pemain Liverpool ketika mendekati pertanan Villa juga menjadi faktor tuan rumah kesulitan menusuk atau melakukan tembakan.

Mantan pemain Manchester United, Ashley Young bermain cukup bagus di laga ini. Ia beberapa kali melakukan tusukan ke area penalti Liverpool. Didukung dengan kecepatannya, ia selalu merepotkan sisi kanan pertahanan Liverpool. Hingga babak pertama usai tak ada gol tercipta. Rahmat Fajar  

Aston Villa tetap menerapkan strategi yang sama seperti di babak pertama yakni membuat pertahanan serapat mungkin dan pressing tinggi kepada pemain lawan. Villa juga melakukan transisi cukup baik dari bertahan ke menyerang.

Mohamed Salah mendapatkan peluang pada menit ke-51 ketika Robertson menusuk ke jantung pertahanan Villa. Ribertson mengirim umpan datar kepada Salah yang berdiri di depan gawang. Namun sebelum melakukan tendangan sempurna, pemain Villa membloknya dan menjauhkan bola dari gawangnya.

Liverpool terus mengurung pertahanan lawan. Virgin van Dijk melakukan sundulan keras menyambut tendangan sudut pada menit ke-53. Tetapi Martinez dengan sigap menepisnya dan hanya menghasilkan tendangan sudut kembali.

Gerrard kemudian melakukan pergantian pemain dengan menarik keluar Marvelous Nakamba digantikan Morgan Sanson. Liverpool juga mengganti pemainnya yakni memasukkan Diogo Jota untuk menggantikan Chamberlain.

Liverpool mendapatkan hadiah penalti setelah Salah dijatuhkan di titik putih oleh Tyrone Mings. Salah yang mengambil tugas menendang penalti sukses melakukannya dengan baik pada menit ke-67. Ia mengarahkan bola ke sudut kiri bawah gawang Martinez.

Sejak kebobolan, Villa bermain lebih menyerang.  Dalam beberapa kesempatan mereka menciptakan kemelut di depan gawang Liverpool. Namun tak ada gol penyama kedudukan hingga pertandingan usai. Kemenangan tipis ini membuat The Reds tetap menempel ketat Mancheste City di puncak klasemen dengan selisih satu poin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement