Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Piala AFF; Timnas Berpotensi Buat Hujan Gol ke Gawang Laos

Sabtu 11 Dec 2021 13:27 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pesepak bola Timnas Indonesia Evan Dimas (kiri) dan Irfan Jaya (kanan) bersujud syukur usai menjebol gawang Timnas Kamboja dalam pertandingan grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (9/12/21). Indonesia menang dengan skor 4-2.

Pesepak bola Timnas Indonesia Evan Dimas (kiri) dan Irfan Jaya (kanan) bersujud syukur usai menjebol gawang Timnas Kamboja dalam pertandingan grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (9/12/21). Indonesia menang dengan skor 4-2.

Foto: ANTARA/Humas PSSI
Laos saat ini berada di posisi lima klasemen dengan 0 poin dan kebobolan enam kali.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Tim nasional Indonesia akan menjalani laga keduanya di Piala AFF 2020. Timnas Indonesia akan bertemu Laos di Stadion Bishan, Singapura, Ahad (12/12). 

Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Taeyong menargetkan poin penuh dari lawan yang telah dua kali kalah ini. Meski tidak nyaman, Shin menyebut Laos adalah tim terlemah di Grup B.

Baca Juga

"Sebenarnya kalau mau jujur, tim Laos itu tim yang sangat lemah di grup kita, memang merasa sedikit tidak enak juga, tetapi memang Laos yang memiliki paling banyak kebobolan di grup ini," kata Shin dalam konferensi pers jelang laga, Sabtu (11/12).

Laos saat ini berada di posisi lima klasemen dengan raihan 0 poin dan kebobolan enam gol. Shin mengakui secara kemampuan pun Laos bisa dikalahkan oleh tim. Dia mencontohkan bagaimana Laos harus bermain bertahan hampir di sepanjang gim melawan Vietnam. 

"Karena kekalahan seperti itu (dari Vietnam), saat lawan Malaysia, Laos bermain menyerang tapi justru lebih banyak gol. Pasti kami bisa mendapatkan kemenangan dari Laos," kata Shin.

Namun bermain dengan tim yang tidak memiliki penampilan bagus bukan berarti Indonesia meremehkan Laos. Menurutnya, timnya lebih baik fokus dalam permainan untuk laga besok.

"Kita harus tetap fokus pada pertandingan agar pemain bisa lebih kerja keras di lapangan," kata Shin. 

Dia menekankan bahwa lini depannya harus terus haus akan mencetak gol meski sudah unggul. Karena dalam turnamen, selisih gol pun bisa mempengaruhi hasil untuk bisa lolos ke babak berikutnya. 

"Jadi tim kami harus memanfaatkan setiap peluang dengan baik dan kami meminta itu pada pemain depan," kata Shin.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA