Sabtu 11 Dec 2021 13:03 WIB

Dosen Universitas BSI Latih Pengurus TPQ untuk Maksimalkan MS Word

Pelatihan difokuskan pemanfaatan MS Word untuk administrasi TPQ Nurul Hidayah

Sebagai upaya dalam membantu masyarakat memaksimalkan penggunaan Ms.Word, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), dari Fakultas Teknik dan Informatika, Program Studi Teknologi Komputer mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan penggunaan Microsoft  Word 2016 untuk membantu administrasi dan pembuatan laporan kepada guru dan pengurus TPQ Nurul Hidayah yang dilaksanakan, setiap hari Ahad, tanggal 14, 21, 28 November 2021 dan 5 Desember 2021 di Ruang Aula Sekretariat POKJA (Kelompok Kerja) TKQ/TPQ Kec. Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Foto: UBSI
Sebagai upaya dalam membantu masyarakat memaksimalkan penggunaan Ms.Word, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), dari Fakultas Teknik dan Informatika, Program Studi Teknologi Komputer mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan penggunaan Microsoft Word 2016 untuk membantu administrasi dan pembuatan laporan kepada guru dan pengurus TPQ Nurul Hidayah yang dilaksanakan, setiap hari Ahad, tanggal 14, 21, 28 November 2021 dan 5 Desember 2021 di Ruang Aula Sekretariat POKJA (Kelompok Kerja) TKQ/TPQ Kec. Tanjung Priok, Jakarta Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Microsoft Office (Ms.Word) merupakan software atau perangkat lunak yang paling sering digunakan, baik oleh kalangan pelajar, juga pekerja profesional, untuk membantu dalam menyelesaikan pekerjaan dan juga tugasnya. Saat ini, Ms.word lebih sering digunakan untuk pengolah kata, dalam artian semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat dilakukan dengan menggunakan Ms.Word. 

Tak hanya digunakan dalam proses kata, namun lebih dari itu Ms.Word juga digunakan untuk membuat surat, membuat tabel, input gambar, membuat desain sederhana, membuat dokumen, dan berbagai macam pengolahan data lainnya.

Sebagai upaya dalam membantu masyarakat memaksimalkan penggunaan Ms.Word, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), dari Fakultas Teknik dan Informatika, Program Studi Teknologi Komputer mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan penggunaan Microsoft  Word 2016 untuk membantu administrasi dan pembuatan laporan kepada guru dan pengurus TPQ Nurul Hidayah yang dilaksanakan, setiap hari Ahad, tanggal 14, 21, 28 November 2021 dan 5 Desember 2021 di Ruang Aula Sekretariat POKJA (Kelompok Kerja) TKQ/TPQ Kec. Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Amrin, selaku ketua pengabdian masyarakat menjelaskan bahwa, tujuan diadakan pengabdian masyrakat  ini untuk memanfaatkan Ms.Word dalam pengelolaan administrasi dan laporan kegiatan TPQ Nurul Hidayah Jakarta Utara. 

“Peserta sangat semangat menerima pemaparan materi dari para dosen Universitas BSI. Dalam pelatihan ini kami mengajarkan kepada mereka mengenai pembuatan laporan bagaimana cara memasukkan gambar/foto, mengatur header dan footer, memformat halaman, memberikan nomor halaman, membuat daftar isi, memilih tulisan dengan berbagai macam font,” jelas Amrin.

Amrin juga berharap kedepannya, dengan kegiatan pengabdian ini dapat membantu memaksimalkan kinerja para guru dan pengurus TPQ Nurul Hidayah, sehingga dapat meningkatkan hasil lulusan yang berkualitas. 

“Kegiatan pelatihan Ms.Word tidak hanya bermanfaat bagi guru dan pengurus TPQ, namun dengan kegiatan ini juga diharapkan bisa meningkatkan kualitas hasil lulusan yang lebih baik lagi,” tutur Amrin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement