Sabtu 11 Dec 2021 06:55 WIB

PBB Terkejut dengan Gelombang Kekerasan Terbaru Pasukan Myanmar

Pelanggaran HAM oleh militer Myanmar adalah eskalasi kekerasan yang mengkhawatirkan

Pelanggaran HAM oleh militer Myanmar adalah eskalasi kekerasan yang mengkhawatirkan.
Pelanggaran HAM oleh militer Myanmar adalah eskalasi kekerasan yang mengkhawatirkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA - Pelanggaran HAM berat yang dilakukan baru-baru ini di Myanmar merupakan "eskalasi kekerasan yang mengkhawatirkan," kata Kantor Hak Asasi Manusia PBB pada Jumat. Pernyataan kantor HAM PBB itu mengutip laporan bahwa pasukan keamanan membunuh dan membakar hidup-hidup 11 orang, termasuk lima anak di bawah umur, dan menabrakkan kendaraan ke pengunjuk rasa.

"Kami terkejut dengan eskalasi pelanggaran hak asasi manusia yang mengkhawatirkan di Myanmar," kata juru bicara Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Rupert Colville pada konferensi pers di PBB.

Baca Juga

"Dalam minggu terakhir saja, pasukan keamanan telah membunuh dan membakar sampai mati 11 orang -- di antaranya lima anak di bawah umur -- dan menabrakkan kendaraan ke pengunjuk rasa yang menggunakan hak fundamental mereka untuk berkumpul secara damai," ungkap Colville.

Dia mengatakan bahwa lebih dari 10 bulan sejak militer Myanmar menggulingkan pemerintah yang dipilih secara demokratis, situasi HAM negara itu semakin parah "dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya". Kantor hak asasi manusia PBB memuji "rakyat Myanmar yang berani dan tangguh" karena memperingati Hari Hak Asasi Manusia dan penentangan mereka terhadap kudeta dengan protes diam pada Jumat.

Pada Selasa, pasukan milisi diduga menyergap unit tentara Myanmar dengan alat peledak yang dikendalikan dari jarak jauh di kotapraja Salingyi di wilayah Sagaing, kata kantor hak asasi. Personel keamanan dilaporkan menanggapi dengan menyerbu desa Done Taw dan menangkap enam pria dan lima anak di bawah umur - yang termuda berusia 14 tahun.

Penduduk desa yang mengatakan mereka melihat api datang dari daerah itu kemudian menemukan sisa-sisa yang terbakar dari 11 laki-laki, kata Colville. "Penduduk desa menunjukkan bahwa mayat manusia berkerut menjadi bentuk yang muncul seolah-olah mereka mencoba untuk melindungi satu sama lain dan melarikan diri dari gubuk yang terbakar."

Dalam insiden terpisah pada Minggu, pasukan keamanan di kotapraja Kyimyindaing, Yangon, menabrakkan kendaraan ke pengunjuk rasa yang tidak bersenjata dan kemudian menembaki mereka dengan peluru tajam, yang menyebabkan beberapa korban, kata kantor PBB. "Serangan-serangan ini keji, sama sekali tidak dapat diterima, dan mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan yang sama. Mereka juga jauh dari terisolasi," kata Colville.

Dalam beberapa pekan terakhir, kantor HAM itu telah menerima banyak laporan tentang desa-desa yang dibakar, termasuk bangunan yang dilindungi seperti tempat ibadah dan tempat tinggal. "Sejak kudeta, pasukan Jenderal Min Aung Hlaing telah berulang kali gagal menghormati kewajiban mereka di bawah hukum internasional untuk melindungi rakyat negara itu," kata Colville.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/pbb-terkejut-dengan-gelombang-kekerasan-terbaru-pasukan-myanmar/2444600
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement