Sabtu 11 Dec 2021 01:37 WIB

Mode Gelap, Fitur Baru Notepad Windows 11 Insider

Notepad sedang dalam tahap pengujian ulang desainnya dengan menambah beberapa fitur

Rep: Mgrol131/ Red: Gita Amanda
Tampilan menu Start di Windows 11 digeser ke kiri.
Foto: the verge
Tampilan menu Start di Windows 11 digeser ke kiri.

REPUBLIKA.O.ID, Salah satu aplikasi yang telah lama ada di Microsoft, yakni Notepad, sedang dalam tahap pengujian ulang desainnya dengan menambahkan beberapa fitur modern seperti mode gelap, layanan pencarian yang lebih baik, fitur pembatalan yang lebih baik, dan banyak lagi fitur lainnya.

Pembaruan yang terjadi di sisi visual Notepad, yaitu adanya mode gelap, menu klik kanan yang diperbarui, serta tampilan yang menyesuaikan dengan tema baru Windows, membuat beberapa perubahan fungsional dari aplikasi ini akan sangat terasa peningkatannya bagi pengguna yang seringkali menulis di Notepad.

Baca Juga

Dilansir dari The Verge, dalam versi terbaru aplikasi Notepad di Windows 11, akan terlihat fitur text search tool danfind and replace tool yang selayaknya diakses dengan dua pintasan keyboard yang berbeda. Namun pada desain ulang Notepad saat ini, kedua pintasan tersebut digabung menjadi satu bilah yang mengambang, yang mana terlihat seperti era XP dahulu.

Microsoft juga mengungkapkan bahwa mereka menambah fitur multi-step undo. Fitur ini menggantikan sistem sebelumnya yang hanya dapat mundur satu langkah atau menghapus satu kata pada satu waktu dengan menekan CTRL-Z. Sehingga perubahan fitur ini begitu diperlukan agar lebih banyak memori daripada Notepad versi lama.

Tetapi dibalik perubahan-perubahan yang terjadi, ada suatu hal yang disayangkan dalam peningkatan fitur dalam Notepad, yakni Word Wrap. Karena pada fitur ini masih bekerja layaknya pada versi lama, karena Word Wrap masih mati secara bawaan.

Terlihat Microsoft lebih fokus pada pembaruan yang lebih kecil, untuk membuat Notepad tidak terasa kuno. Daripada hanya mengisi pembaruannya dengan fitur-fitur baru yang membuat aplikasi terasa berbeda. Langkah itu dirasa tepat oleh Microsoft, mengingat keberadaan saudaranya yakni WordPad kurang dikenal dan kurang dekat dengan Microsoft Word (walaupun WordPad pun dapat melihat serta mengedit file .docx).

Pembaruan (desain ulang) Notepad ini hanya tersedia untuk Windows 11 Insider, menggunakan saluran developer. Jika Anda mencoba menjalankannya dengan versi pengujian OS dan tidak melihatnya, maka Anda perlu memeriksa pembaruan di Microsoft Store.

Kita harus menunggu beberapa waktu untuk mendapatkan pembaruan Notepad tersebut. Tetapi begitu senangnya melihat tren pembaruan aplikasi dari Microsoft, termasuk pada bebeapa aplikasi bawaannya seperti Foto dan Paint.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement