Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Meninggal Hari Jumat, Tanda Husnul Khotimah?

Jumat 10 Dec 2021 16:02 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, turut menyolatkan jenazah Alm Wali Kota Bandung Oded M Danial, Jumat (10/12).

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, turut menyolatkan jenazah Alm Wali Kota Bandung Oded M Danial, Jumat (10/12).

Foto: dok. Istimewa
Jumat merupakan hari terbaik dalam satu pekan yang Allah pilih untuk beribadah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak yang beranggapan bahwa meninggal pada Jumat adalah pertanda baik. Hal ini yang dialami oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial yang meninggal dunia saat hendak menjadi penceramah di Masjid Mujahidin, Muhammadiyah, Kota Bandung, Jumat (10/12). Oded meninggal karena diduga mengalami serangan jantung.

Menanggapi ini, Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Waketum PP Persis) KH Jeje Zaenuddin mengatakan, hari Jumat merupakan hari terbaik dalam satu pekan yang Allah pilih sebagai hari ibadah utama pekanan. Dalam salah salah satu hadits, disebutkan apabila Muslim meninggal pada hari Jumat, ia akan memperoleh keutamaan.

Baca Juga

“Dalam hadits Abu Dawud disebutkan bahwa seorang Muslim yang meninggal di hari Jumat memperoleh keutamaan hari Jumat,” kata KH Jeje kepada Republika.co.id, Jumat (10/12).

Terlebih, jika Muslim meninggal dalam keadaan melaksanakan ibadah. Itu menjadi poin utama dan indikasi pada akhir hayat yang baik, yaitu husnul khotimah. Selain itu, KH Jeje juga mendoakan agar Oded mendapat yang terbaik di sisi Allah. “Semoga saja beliau tergolong pemimpin yang saleh. Karena selain membangun kota, beliau juga konsen membangun kehidupan beragama yang baik,” ujar dia.

Lebih lanjut, KH Jeje mengatakan, tidak ada amalan khusus untuk meraih kematian husnul khotimah pada hari Jumat. Sebab, husnul khotimah tidah harus meninggal pada hari Jumat. Dia mencontohkan Nabi Muhammad yang wafat bukan pada hari Jumat.

“Rasulullah wafat bukah hari Jumat, melainkan hari Senin. Husnul khotimah bukan ditentukan meninggal hari apa, tetapi meninggal sedang dalam keadaan apa. Setiap yang meninggal dalam keadaan amal sholeh, itu tanda husnul khotimah,” katanya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA