Jumat 10 Dec 2021 01:20 WIB

Masjid Madinat Badr, Terinspirasi Andalusia

Masjid Madinat Badr, terinspirasi gaya arsitektur Andalusia.

Rep: Zainur Mashir Ramadhan/ Red: Agung Sasongko
Bendera Uni Emirat Arab (UEA) berkibar di Dubai Marina, Dubai, UEA.
Foto: Reuters
Bendera Uni Emirat Arab (UEA) berkibar di Dubai Marina, Dubai, UEA.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Masjid baru berkapastias 1.600 jamaah selesai dibangun di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Masjid bernama Madinat Badr itu mengingatkan desain khas Andalusia.

Masjid Madinat Badr itu, dibuka untuk umum setelah upacara resmi pada Kamis (9/12) ini. Berdasarkan informasi, desain mencolok dari masjid ini terinspirasi oleh istana dan benteng Alhambra di Granada, di wilayah Andalusia, Spanyol. Masjid yang terletak di antara taman lanskap, masjid ini memiliki atap miring dengan ubin terakota, tapal kuda atau lengkungan 'Moor' dan halaman bertiang.

Baca Juga

Menuju ke dalam masjid, desain interior ditunjukkan dengan menonjolkan motif geometris dan ukiran kaligrafi Arab di bawah kubah bermotif arab. Sedangkan aula utama, menawarkan pemandangan ceruk salat (mihrab) dan mimbar (mimbar), sementara sistem suara canggih dikatakan serupa dengan yang digunakan di Masjidil Haram Mekah dan Madinah.

“Madinat Badr telah memantapkan dirinya sebagai salah satu pengembangan perumahan dan penggunaan campuran terbaik di Timur Tengah dalam tiga kategori untuk tahun 2021, dan karena tumbuh menjadi tambahan terbaru untuk lanskap perkotaan Dubai yang semarak, Dubai Islamic Bank sangat bangga mengumumkan pembukaan Masjid Madinat Badr," kata Bank Islam Dubai yang meresmikan bangunan itu, dikutip the national news, Kamis (9/12).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement