Kamis 09 Dec 2021 23:02 WIB

Taisei Marukawa Senjata Berbahaya Persebaya

Marukawa mencetak 9 gol dan 5 assist dari 15 laga bersama Persebaya sejauh musim ini.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola Persebaya Surabaya Teisei Marukawa (kanan) melakukan selebrasi dengan Akbar Firmansyah (kiri) usai mencetak gol.
Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Pesepak bola Persebaya Surabaya Teisei Marukawa (kanan) melakukan selebrasi dengan Akbar Firmansyah (kiri) usai mencetak gol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Taisei Marukawa sontak menjadi perbincangan setelah menunjukkan perannya dalam kemenangan 3-0 Persebaya Surabaya atas Persib Bandung pada lanjutan Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (8/12) malam. Pemain asal Jepang itu mencetak sepasang gol atas namanya dan terlibat dalam gol Bruno Moreira.

Dua gol ke gawang Persib membuat Marukawa total telah mencetak sembilan gol dan lima assist dari 15 laga bersama Persebaya musim ini. Itu sebetulnya bukan kali pertama Marukawa mencetak dua gol dalam satu pertandingan. Sebelumnya, ia pernah menyumbangkan dua gol untuk Persebaya dalam kemenangan 3-1 atas PSS Sleman dan dua gol dalam kemenangan 4-0 melawan Persita Tangerang.

Baca Juga

Gelandang yang baru memasuki usia seperempat abad pada 30 Januari 2022 nanti, ini bahkan masuk dalam daftar top skorer Liga 1 musim ini dan menjadi yang termuda di antara kelima pemain lain. Torehan sembilan gol Marukawa sejauh ini sama dengan Ciro Alves dari Persikabo dan Francisco Wagsley dari Borneo FC.

Meski masih berusia muda, Marukawa adalah gelandang yang kaya akan pengalaman dan itu tentu menjadi latar belakang ketajamannya di depan gawang lawan. Sejak bergabung pada Mei 2021, pemain berusia 24 tahun ini telah menjadi andalan skuad Bajul Ijo. Persebaya tak salah untuk mendatangkannya.

Sebelum tiba di Indonesia, Marukawa mengawali karier juniornya saat ia bermain untuk Hiroshima Minami Highschool, kemudian melanjutkan ke Chuo University pada 2014/2015. Ia kemudian memulai karier profesionalnya pada 2019 saat bergabung dengan klub yang berbasis di Malta, Sanglea Athletic FC, lalu pada Agustus 2020 ia pindah ke Valletta.

Di awal tahun 2021, Marukawa bergabung dengan Noah Jurmala yang berbasis di Latvia, untuk kemudian mendarat di Indonesia pada Mei 2021 hingga saat ini. Catatan itu menunjukkan bahwa Marukawa lebih banyak menjalani karier sepak bolanya di Benua Eropa. Tak heran jika kualitasnya juga apik.

Menurut dari data //Transfermarkt//, Marukawa memiliki 337 menit bermain di kompetisi Eropa, 315 menit bermain bersama Valletta di kompetisi tertinggi Liga Malta dan 22 menit di kualifikasi Liga Europa bersama FC Noah.

Jam terbang itu yang kemudian membuat Marukawa moncer bersama Persebaya. Tim asuhan Aji Santoso pun kini mulai nyaman berada di papan atas klasemen sementara. Persebaya duduk di peringkat ketiga dan hanya tertinggal enam poin dari Bhayangkara FC di puncak klasemen.

"Taisei Marukawa bermain luar biasa. Selain tampil bagus, dia mencetak brace dan satu assist. Bagi saya, Taisei adalah pemain kunci di Persebaya," kata Aji mengakui kinerja Taisei. "Saya berharap dia terus menjaga performa dan meningkat untuk pertandingan selanjutnya."

Namun di luar dari harapan sang pelatih, Marukawa ternyata sudah punya target tersendiri. Pemain yang mengagumi sosok Lionel Messi itu ternyata ingin mencontoh sang idola. Setelah bermain dengan nomor punggung 10, nomor yang digunakan Messi selama di Barcelona, ia juga ingin mencetak lebih dari 10 gol untuk Persebaya.

Selain target pribadi, Marukawa juga mengaku ingin memberikan trofi bagi Persebaya. Sehingga, kemenangan atas Persib pun ia persembahkan untuk tim. "Saya memang bisa mencetak dua gol dan satu assist, tapi bukan hanya saya yang tampil bagus," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement