Jumat 10 Dec 2021 01:35 WIB

Biden Ancam akan Kirim Banyak Senjata Jika Ukraina Diserang

Ancaman ini sebagai respon pengerahan pasukan Rusia di perbatasan negara Eropa Timur

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Presiden Joe Biden
Foto: AP/Susan Walsh
Presiden Joe Biden

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat, Joe Biden memperingatkan Presien Rusia, Vladimir Putin bahwa AS dan sekutunya akan mengambil langkah-langkah kuat untuk menanggapi serangan terhadap Ukraina. Ancaman ini sebagai respon atas pengerahan pasukan Rusia di perbatasan negara Eropa Timur itu.

Dilansir dari Al Arabiya, Rabu (8/12), selama panggilan video dua jam dengan Putin, Biden mengatakan secara langsung kepada Presiden Putin bahwa jika Rusia menginvasi Ukraina, Amerika Serikat dan sekutu Eropa akan merespons dengan langkah-langkah ekonomi yang kuat. Hal ini dijelaskan oleh penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan mengatakan kepada wartawan di Washington.

Selain itu, Biden mengatakan kepada Putin bahwa AS akan memberikan materi pertahanan tambahan kepada Ukraina. "Kami sudah menyediakan jika Rusia menyerang," kata Sullivan.

Putin menolak peringatan Biden atas ancaman Rusia ke Ukraina, menyalahkan NATO atas peningkatan ketegangan melalui "upaya berbahaya untuk memperluas ke Ukraina dan meningkatkan potensi militernya di perbatasan Rusia

Pemimpin Rusia itu menegaskan kembali bahwa Moskow menginginkan jaminan keamanan yang mengikat bahwa aliansi yang dipimpin AS tidak akan menerima anggota baru di Timur atau menempatkan senjata ofensif di dekat Rusia.

Putin juga mengkritik upaya-upaya yang terus-menerus dilakukan untuk mengurangi kehadiran diplomatik Rusia di AS dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini yang memaksa Rusia untuk membalas. Meski begitu, kedua negara sepakat untuk mengadakan dialog tentang ketidaksepakatan keamanan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement