Kamis 09 Dec 2021 17:51 WIB

Pascaerupsi Semeru, Relawan PMI Gotong Royong Bersihkan Masjid

Besok merupakan Jumat pertama pascaerupsi warga Muslim akan melaksanakan sholat Jumat

Sejumlah Relawan PMI dibantu dengan warga masyarakat mulai memberihkan berbagai fasilitas umum yang terdampak, salah satunya seperti yang dilakukan di Masjid Falah di Desa Sumberwuluh Dusun Kebondeli Utara Kabupaten Lumajang.
Foto: PMI
Sejumlah Relawan PMI dibantu dengan warga masyarakat mulai memberihkan berbagai fasilitas umum yang terdampak, salah satunya seperti yang dilakukan di Masjid Falah di Desa Sumberwuluh Dusun Kebondeli Utara Kabupaten Lumajang.

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Pemulihan fasilitas umum dampak akibat Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru di Lumajang mulai dilakukan. Sejumlah Relawan PMI dibantu dengan warga masyarakat mulai memberihkan berbagai fasilitas umum yang terdampak, salah satunya seperti yang dilakukan di Masjid Falah di Desa Sumberwuluh Dusun Kebondeli Utara Kabupaten Lumajang.

"Paska kejadian semburan awan panas guguran, Relawan PMI dikerahkan untuk membantu proses pembersihan Masjid yang terkena dampak, salahsatunya dengan melakukan pembersihan baik diluar maupun di dalam masjidnya," ujar Andris Rufianto Putro, Kordinator Posko Erupsi Semeru PMI Jatim, kamis (9/12).

Baca Juga

Andris mengatakan, upaya proses pembersihan ini sesuai dengan arahan Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang meminta masjid untuk kembali difungsikan dan dioptimalkan terutama dijadikan tempat pengungsian untuk warga para penyintas, terlebih besok merupakan Jumat pertama pascaerupsi semeru. Dimana warga masyarakat khususnya para pengungsi muslim akan melaksanakan ibadah sholat jumat.

Andris menambahkan, dalam upaya pembersihan tersebut dilakukan dengan cara menyemprotkan air bertekanan tinggi, dan melakukan pembersihan terutama dibagian dinding luar dan dalam masjid yang sampai saat ini diselimuti oleh abu vulkanik dampak awan panas guguran yang terjadi pada Sabtu 4 Desember 2021 kemarin.

"Dalam pelaksanannya dilapangan Palang Merah Indonesia mengerahkan 2 unit kendaraan tangki air yang masing masing mengangkut air 5.000 liter, tiga unit grand max dan 20 Relawan gabungan dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan wilayah lainya yang akan melaksanakan pembersihan fasilitas umum," kata Andris dalam siaran persnya.

Selain itu Andris berharap, dengan melakukan upaya pembersihan itu, fasilitas umum dan keagamaan seperti masjid bisa kembali berangsur digunakan dan dapat di fungsikan untuk warga masyarakat dan para penyintas melakukan aktifitas beribadah.

Andris menambahkan, selain itu pihaknya juga melakukan berbagai pelayanan lainnya baik kesehatan klinik mobile, maupun distribusi air bersih dengan mengerahkan tiga unit kendaraan ambulans serta sembilan unit truk air bersih. Sejumlah armada penanggulangan bencana ini beroperasi setiap hari  dengan mobile mendatangi pemukiman serta sejumlah titik pengungsian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement