Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aji Lugito

Mengenal Sistem Imun pada Tubuh dan Jenis Makanan Penambah Imun

Info Terkini | Wednesday, 08 Dec 2021, 16:23 WIB

Tahukah Anda? Tubuh memerlukan sistem imun guna meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit atau setidaknya menangkal 95% virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Apa itu Sistem Imun?

Sistem Imun merupakan sistem kekebalan tubuh yang terdiri dari komponen sel dan jaringan yang bekerja sama melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri. Sistem Imun di dalam tubuh kita mampu memerangi sel abnormal sebagai parasit yang dapat merusak organ tubuh kita.

Jika Anda memiliki sistem imun yang lemah tentu tubuh Anda lebih rentan terserang penyakit, misalnya saja ; Jika terkena debu, Anda langsung menderita flu berkepanjangan. Tetapi berbeda jika Anda memiliki sistem imun yang kuat, Ketika organ tubuh Anda diserang berbagai penyakit setidaknya sistem imun dapat menangkal sejumlah bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Bagaimana Meningkatkan Sistem Imun?

Untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh Anda bisa dimulai dari mengkonsumsi makanan sehat terutama memilih dengan selektif jenis makanan yang dapat meningkatkan sistem imun. Selain itu, Pola hidup sehat seperti ; Olahraga secara teratur, Tidur yang cukup serta Menghindari pikiran negatif juga dapat menambah sistem kekebalan di dalam tubuh.

Lalu, Makanan Apa Saja yang Dapat Meningkatkan Sistem Imun?

Kita tahu makanan 4 sehat 5 sempurna dapat memenuhi nutrisi dalam tubuh. Tetapi perlu Anda ketahui terdapat 5 jenis makanan yang dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh, Apa sajakah itu?

1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak gizi dan nutrisi diperkaya dengan Vitamin C, Vitamin A dan Vitamin E yang dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Selain itu mengkonsumsi satu cangkir brokoli mengandung antioksidan yang dapat mencegah penyakit kanker serta dapat memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas.

2. Jus Semangka

Jus semangka memiliki sejumlah vitamin, seperti ; Vitamin C, Vitamin A dan Vitamin B6 yang dapat mencegah pertumbuhan mikroba dan parasit yang tumbuh dalam organ tubuh. Tentu dengan ini, Anda dapat meminum jus semangka minimal satu minggu tiga kali guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kandungan airnya dapat memberi kesejukkan bagi tubuh khususnya saluran pencernaan dan tenggorokan.

3. Pare

Pare dikenal sebagai sayuran yang memiliki rasa yang pahit. Tapi ini tak membuat manusia tidak mengkonsumsi pare bahkan di Indonesia sayur pare kerap kali menjadi olahan masakan seperti ; sayur pare, tumis udang pare dan menjadi isian bahan pelengkap dari siomay.

Pare juga memiliki sejumlah nutrisi seperti Vitamin A, Folat, Vitamin C, Vitamin B dan Vitamin K yang dapat menangkal radikal bebas serta melawan inflamasi atau peradangan dalam tubuh.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image