Jumat 10 Dec 2021 00:35 WIB

Puluhan Unta Didiskualifikasi dari Kontes Karena Gunakan Botox

Saudi mendiskualifikasi 40 unta dari kontes kecantikan unta karena menggunakan botox

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Unta
Foto: arab news
Unta

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Otoritas Saudi telah melakukan tindakan keras dengan mendiskualifikasi lebih dari 40 unta yang mengikuti kontes kecantikan. Unta-unta itu didapati telah diberikan suntikan botox sebelum mengikuti festival unta King Abdulaziz.

Dilansir dari The Guardian, Rabu (8/12), festival populer yang dimulai bulan ini, mengundang para peternak unta tercantik untuk bersaing memperebutkan hadiah uang lebih dari Rp 948 miliar.

Baca Juga

Menurut aturan, suntikan botox, facelift dan perubahan kosmetik lainnya untuk membuat unta lebih menarik sangat dilarang.  Juri memutuskan pemenang berdasarkan bentuk kepala, leher, punuk, pakaian, dan postur hewan.

Para juri di festival selama sebulan, yang diadakan di gurun Timur Laut ibu kota Saudi, Riyadh, meningkatkan tindakan keras mereka terhadap unta yang disempurnakan secara artifisial. Panitia menyebut telah menggunakan teknologi khusus dan canggih untuk mendeteksi gangguan.

Tahun ini, pihak berwenang menemukan lusinan peternak telah meregangkan bibir dan hidung unta, menggunakan hormon untuk meningkatkan otot hewan dan menyuntikkan kepala dan bibir dengan Botox untuk membuatnya lebih besar. Ada juga yang menggembungkan bagian tubuh dengan karet gelang, dan menggunakan pengisi untuk wajah mereka.

"Panitia ingin menghentikan semua tindakan merusak dan menipu keindahan unta," kata laporan SPA, seraya menambahkan penyelenggara akan menjatuhkan hukuman tegas kepada para manipulator.

Kontes kecantikan unta adalah inti dari karnaval besar-besaran, yang juga menampilkan balapan unta, penjualan, dan perayaan lainnya yang biasanya menampilkan ribuan hewan unta. Penyelenggara berusaha untuk melestarikan peran unta dalam tradisi dan warisan Badui saat negara kaya minyak itu terus memodernisasi berbagai mega proyek. Pemuliaan unta adalah industri bernilai jutaan dolar dan acara serupa terjadi di seluruh wilayah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement