Thursday, 25 Syawwal 1443 / 26 May 2022

Dokter: Mata Lelah Bisa Diatasi dengan Akupresur Mandiri

Kamis 09 Dec 2021 13:52 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Mengucek mata. Mata lelah ditandai dengan timbulnya rasa nyeri, pedih, gatal, berair, atau kering pada mata diikuti dengan pandangan kabur atau silau terhadap cahaya.

Foto:
Akupresur mata lelah merupakan teknik yang relatif aman untuk dilakukan siapa saja.

Menurut dr Sri, akupresur mandiri merupakan salah satu cara mencegah dan menangani keluhan akibat mata lelah. Akupresur mandiri adalah pemijatan atau penekanan titik-titik akupunktur menggunakan jari tangan atau alat bantu tertentu yang dilakukan di tubuh sendiri.

"Akupresur mandiri untuk mata lelah memiliki kelebihan, yaitu relatif aman untuk diterapkan oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun, serta dapat mencegah dan mengurangi keluhan mata lelah akibat dipakai bekerja, misalnya menatap layar monitor," katanya.

Untuk itu, FKUI mengadakan pelatihan akupresur mandiri guna mengatasi mata lelah atau astenopia. Pelatihan yang diselenggarakan secara daring tersebut diikuti oleh 170 peserta.

Mayoritas dari peserta pelatihan adalah pegawai kantor yang bekerja menggunakan gawai atau bekerja di depan layar monitor dalam waktu lama. Pelatihan yang berlangsung pada akhir November 2021 merupakan bentuk pengabdian masyarakat (pengmas) yang diketuai dr Sri serta melibatkan dosen dan peserta didik program studi Sp-1 Akupunktur Medik FKUI.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA