Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Risiko Aborsi Ilegal: Infeksi Sampai Busuk-Pendarahan Hebat

Kamis 09 Dec 2021 13:07 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Ibu hamil (Ilustrasi). Praktik aborsi ilegal dapat mendatangkan risiko besar bagi ibu, mulai dari infeksi hingga kematian.

Ibu hamil (Ilustrasi). Praktik aborsi ilegal dapat mendatangkan risiko besar bagi ibu, mulai dari infeksi hingga kematian.

Foto: Pixabay
Ibu berhadapan dengan risiko besar saat melakukan aborsi ilegal.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr Yosiana Wijaya SpOG, mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan aborsi ilegal. Sebab, itu bisa mengakibatkan pembusukan di bagian dalam tubuh.

"Jangan coba-coba aborsi bukan di tempat semestinya, bisa-bisa menyebabkan bagian tubuh membusuk," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis.

Baca Juga

Yosiana mengatakan, aborsi atau abortus merupakan tindakan mengakhiri kehamilan dari suatu kehamilan yang sehat dengan jalan menghancurkan atau mengeluarkan janin dari dalam kandungan. Menurut dia, pembusukan di bagian dalam tubuh yang berpotensi muncul setelah praktik aborsi ilegal itu disebabkan adanya infeksi akibat penggunaan alat-alat yang tidak steril.

"Tidak hanya itu, aborsi juga bisa menjadikan masalah lain pada rahim akibat bagian dari tubuh janin tidak dibersihkan dengan bersih," kata dokter yang praktik di Rumah Sakit Islam Banjarnegara itu.

 

 
 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA