Kamis 09 Dec 2021 06:37 WIB

Rektor: Pandemi Bukan Penghalang Mahasiswa UMY Berprestasi

Selama pandemi, UMY malah masuk dalam jajaran 500 kampus terbaik se-Asia.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Prof Gunawan Budiyanto.
Foto: Republika/ Wihdan
Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Prof Gunawan Budiyanto.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Prof Gunawan Budiyanto meminta mahasiswa tidak menjadikan pandemi Covid-19 sebagai penghalang untuk terus berkarya dan mengukir prestasi. Cucu Ki Bagus Hadikusumo tersebut pun menjelaskan, jika ada beberapa mahasiswa UMY yang malah berprestasi di kala pandemi.

"Pandemi Covid-19 bukanlah akhir dari segalanya, di tengah pandemi yang mewabah dari Bulan Maret 2020 sampai dengan hari ini, UMY tetap memegang komitmen untuk tidak memperlambat masa studi dan proses belajar mengajar para mahasiswa dan menunjang untuk ukir prestasi dan berkarya," kata Gunawan saat wisuda periode II tahun ajaran 2021/2022 di Gedung Sportorium UMY di Yogyakarta, Rabu (8/12).

Baca Juga

Gunawan mengatakan, upaya proteksi protokol kesehatan yang telah dilakukan selama 19 bulan, UMY tetap bekerja dan melaksanakan proses belajar mengajar dengan lancar. "Alhamdulillah sampai hari ini tidak tercatat dan terdapat kasus-kasus yang mengkhawatirkan selama pandemi COVID-19, namun justru UMY semakin mendapatkan berbagai prestasi yang luar biasa," katanya.

Selama masa pandemi, kata Gunawan, UMY masuk dalam jajaran 500 kampus terbaik se-Asia serta masuk dalam rangking 10 besar nasional kegiatan kemahasiswaan. Pada acara wisuda tersebut, UMY meluluskan lima mahasiswa asing dan enam mahasiswa berprestasi dari 801 wisudawan. Gunawan pun menyebutkan beberapa nama mahasiswa yang meraih juara di tingkat nasional.

Di antaranya, Adi Bayu Putra (Prodi Ilmu Komunikasi) juara 1 nasional film fiksi pendek Festival Film Pendek Mahasiswa Kemendikbudristek, dan juara 2 nasional kategori film dokumenter drama Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah, serta Tari Yudis Pratama (Prodi Komunikasi Penyiaran Islam) prestasi juara 1 festival film mahasiswa Indonesia 2020 sebagai sutradara film 'Dalam Jaringan'.

Kemudian, Ufi Lukman (Prodi Teknik Elektro) juara 2 PKM tingkat swasta nasional, Izzon Suhandra (Prodi Teknik Mesin) juara 2 PKMKC TIM TANAS UAD 2020, Dendi indra Kurniawan (Prodi Ilmu Ekonomi) top 5 finalis kompetisi inklusi keuangan kategori akademisi dari OJK, dan Muhammada pasha muttawakil (D3 Elektromedik) top 15 finalis mahasiswa diploma berprestasi Pilmapres 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement