Kamis 09 Dec 2021 05:33 WIB

Lille Lolos ke Babak 16 Liga Champions Sebagai Juara Grup G

Lille mengalahkan Wolfsburg dengan skor 3-1 pada pertandingan terakhir fase Grup G.

Pemain Lille, Angel Gomes, mencetak gol ke gawang Wolfsburg pada pertandingan terakhir fase Grup G Liga Champions di Stadion VW Arena, Kamis (9/12).
Foto: EPA
Pemain Lille, Angel Gomes, mencetak gol ke gawang Wolfsburg pada pertandingan terakhir fase Grup G Liga Champions di Stadion VW Arena, Kamis (9/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lille lolos ke babak 16 besar Liga Champions dengan status juara grup G. Pada pertandingan terakhir fase grup, Lille mengalahkan tuan rumah Wolfsburg dengan skor 3-1 pada pertandingan yang digelar di Stadion VW Arena, Kamis (9/12) dini hari WIB.

Grup G menjadi satu-satunya grup dimana semua klub punya peluang sama untuk lolos dan tersingkir dari Liga Champions, dan harus ditentukan hingga pertandingan terakhir. Mengusung misi lolos ke babak 16, Wolfsburg yang menjadi tuan rumah mengambil inisiatif menyerang begitu laga dimulai. Namun, justru Lille yang unggul lebih dulu pada menit ke-11.

Baca Juga

Berawal dari serangan balik cepat, pemain sayap Lille Jonathan Ikone mengirimkan umpan terobosan pada Burak Yilmaz yang lolos dari hadangan pemain belakang Wolfsburg. Pemain asal Turki itu kemudian melepaskan tendangan kaki kiri keras yang gagal diamankan kiper Wolfburg. Lille 1-0 Wolfsburg. 

Wolfsburg langsung bereaksi begitu tertinggal satu gol. Menit ke-12, Waldschmidt mencoba membobol gawang Lille melalui sepakan kerasnya dari luar kotak penalti, namun sayang tidak berhasil mengubah kedudukan.

Kedua tim saling bergantian menyerang. Namun, hingga babak pertama usai skor tidak berubah. Lille unggul 1-0 atas tuan rumah Wolfburg.

Di babak kedua, pelatih Wolfsburg melakukan rotasi pemain dengan menarik Yannick Gerhardt dan memasukan Lukebakio. Hasilnya, Wolfsburg terlihat energik melakukan serangan ke gawang Lille.

Namun, usaha Wolfsburg untuk mencari gol penyeimbang kandas. Pasalnya, justru Lille yang menambah keunggulan pada menit ke-72.

Melalui skema serangan yang dibangun dari lapangan tengah, Angel Gomes mengirimkan umpan pada Jonatan David yang tak terkawal sebelum menaklukan kiper Wolfsburg dengan tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti. Lille 2-0 Wolfburg.

Unggul 2-0, Lille beralih mengontrol pemainan. Hasilnya, pada menit ke-77, tim asal Prancis itu memperbesar keunggulan lewat gol Angel Gomes memanfaatkan umpan dari Jonathan Ikone.

Tertinggal 3-0, Wolfsburg bermain lepas sementara Lille menurunkan tempo permainan. Wolfsburg akhirnya mendapat gol hiburan pada menit ke-89 melalui pemain pengganti Renato Steffen. Memanfaatkan kesalahan pemain belakang Lille, Steffen melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti.

Hingga pertandingan usai, skor bertahan dengan kemenangan Lille 3-1 atas Wolfburg. Hasil ini membuat Lille lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup dengan torehan 11 poin. Sementara Wolfsburg tersingkir dari kompetisi Eropa karena berada di dasar klasemen grup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement