Monday, 15 Syawwal 1443 / 16 May 2022

Dicukur Muenchen 3-0, Barcelona Tersingkir dari Liga Champions

Kamis 09 Dec 2021 04:59 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Bayu Hermawan

Pemain Bayern Muenchen, Thomas Mueller, merayakan gol ke gawang Barcelona pada pertandingan terakhir Grup E Liga Champions di Stadion Alliaz Arena, Jerman, Kamis (9/12) WIB.

Pemain Bayern Muenchen, Thomas Mueller, merayakan gol ke gawang Barcelona pada pertandingan terakhir Grup E Liga Champions di Stadion Alliaz Arena, Jerman, Kamis (9/12) WIB.

Foto: EPA
Muenchen singkirkan Barcelona dari Liga Champions usai menang telak 3-0.

REPUBLIKA.CO.ID, MUNICH -- Langkah Barcelona di Liga Champions hanya sampai di fase grup musim ini setelah kalah 3-0 dari Bayern Muenchen pada laga terakhir penyisihan Grup E, di Stadion Allianz Arena, Kamis (9/12) dini hari WIB. Tersingkirnya mereka juga tak lepas dari kemenangan Benfica 2-0 atas Dynamo Kiev di waktu yang sama. Dengan demikian Benfica menemani Muenchen ke babak 16 besar dari grup ini.

Barcelona langsung tancap gas menekan pertahanan Muenchen sejak laga dimulai. Dengan umpan-umpan pendeknya mereka beberapa kali membahayakan pertahanan tuan rumah di awal pertandingan.

Baca Juga

Namun pada menit keempat Muenchen memiliki peluang emas lewat tendangan bebas Leroy Sane. Sayangnya, pagar betis Barcelona memblok tembakan mantan pemain Manchester City tersebut.

Pada menit ketujuh, Manuel Neur menangkap dengan sempurna tembakan keras Jordi Alba. Jual beli serangan mulai terjadi memasuki menit ke-10 seiring dengan Muenchen yang mulai menemukan ritme permainannya.

Muenchen nyaris mencetak gol pada menit ke-28 andai Ter Stegen tak menepis umpan mendatar Thomas Muller dari  sisi kanan pertahanan Barcelona kepada Lewandowski yang siap menyambut umpan tersebut. Bola tepisan Ter Stegen kemudian dibuang ke luar oleh Alba.

Alba harus ditarik keluar lebih cepat yakni pada menit ke-30 setelah membuang bola liar tersebut karena ada masalah pada pahanya. Ia digantikan oleh Oscar Mingueza. Ter Stegen harus bekerja keras mengamankan gawangnya dari gempuran pemain tuan rumah.

Ia beberapa kali harus menyelamatkan peluang dari beberapa pemain Muenchen. Sementara Blaugrana semakin kesulitan melakukan serangan setelah lawan mulai menemukan ritme permainan.

Muenchen unggul 1-0 melalui sundulan Thomas Muller pada menit ke-34. Muller memanfaatkan umpan lambung Lewandowski dari sisi kanan pertahanan Barcelona. Muller nyaris menggandakan keunggulan ketika tembakannya di menit ke-37 berhasil ditangkap oleh Ter Stegen.

Barcelona yang mencari kemenangan di laga ini atau meraih hasil sama dengan Benfica melawan Dynamo Kiev terus berusaha keluar dari tekanan tuan rumah. Muenchen menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 melalui gol Sane pada menit ke-43. 

Barcelona kesulitan menembus pertahanan Muenchen mereka mencoba meningkatkan tekanan ketika babak kedua dimulai. Pertahanan rapat yang diterapkan tuan rumah menjadi penyebab Blaugrana sulit menemukan celah. Di sisi lain, mereka juga harus menjaga pertahanan dari serangan cepat anak asuh Julian Naglesmann.

Pada menit ke-48, Bavarian nyaris mencetak gol ketiga andai Sane tak salah langkah untuk mendorong bola ke gawang Barcelona sehingga bisa ditangkap oleh Ter Stegen. Muenchen membuat Barcelona semakin terpuruk ketika Jamal Musiala mencetak gol untuk membawa timnya unggul 3-0.

Memanfaatkan assist Davies, ia melakukan tembakan kaki kirinya dari jarak dekat yang diarahkan ke tengah gawang. Tuan rumah semakin nyaman mengendalikan permainan setelah unggul 3-0. Skor tersebut bertahan hingga laga usai. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA