Kamis 09 Dec 2021 05:20 WIB

Cara Mengetahui Kapan Melanjutkan Kembali Sholat Seusai Haid

Ada banyak tanda-tanda dari akhir periode haid.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Cara Mengetahui Kapan Melanjutkan Kembali Sholat Usai Haid. Ilustrasi Haid
Foto: Mgrol101
Cara Mengetahui Kapan Melanjutkan Kembali Sholat Usai Haid. Ilustrasi Haid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menstruasi adalah siklus bulanan yang dialami wanita yang ditandai dengan keluarnya darah dari rahim melalui vagina. Setiap wanita umumnya mengalami masa lama haid berbeda tergantung siklus masing-masing.

Ketika mengalami menstruasi, Islam mengatur seorang wanita Muslim tidak boleh melaksanakan sholat. Muslimah bisa melanjutkan kembali sholat ketika darah haidnya sudah berhenti keluar.

Baca Juga

Akan tetapi, tidak jarang hal ini menimbulkan kebingungan di antara kaum hawa, mengenai kapan harus berhenti sholat karena haid dan melanjutkan sholat kembali. Apakah seorang wanita tidak boleh melaksanakan sholat ketika melihat ada bekas darah atau apakah harus tetap sholat hingga benar-benar terlihat tidak ada darah.

Di samping itu, yang menjadi pertanyaan juga apakah harus berhenti dari sholat selama tujuh hari penuh atau hingga merasa yakin ia telah bersih dari haid. Menjawab pertanyaan ini, Profesor Fikih di Universitas Al-Azhar Mesir Su'aad Salih mengatakan wanita yang sedang haid harus berhenti melaksanakan sholat begitu mereka melihat darah haid. Selanjutnya, wanita tersebut dapat menjalani hari-hari normal dari siklus haid mereka.

 

Pada artikel di laman About Islam, Su'aad menjelaskan terkait berbagai fase siklus menstruasi yang berbeda dari setiap wanita. Ia menjelaskan menstruasi yang dialami wanita dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement