Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Museum Rumah Adat Nan Baanjuang Miliki 600 Koleksi Sejarah Bukittinggi

Rabu 08 Dec 2021 19:17 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Pekerja membuka bagian atap ijuk Museum Rumah Adat Nan Baanjuang, di Bukittinggi, Sumatra Barat,  Selasa (6/10/2020). Rumah adat ini menjadi salah satu museum terbaik di Kota Bukittinggi dan Sumatra Barat.

Pekerja membuka bagian atap ijuk Museum Rumah Adat Nan Baanjuang, di Bukittinggi, Sumatra Barat, Selasa (6/10/2020). Rumah adat ini menjadi salah satu museum terbaik di Kota Bukittinggi dan Sumatra Barat.

Foto: Iggoy el Fitra/ANTARA
Museum Rumah Adat Nan Baanjuang terletak di Taman Marga Satwa Kinantan Bukittinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Museum Rumah Adat Nan Baanjuang memiliki 600 macam benda koleksi sejarah. Museum di Taman Marga Satwa Kinantan Bukittinggi (TMSBK) Kota Bukittinggi itu terdiri dari benda kuno dan peninggalan budaya sejarah daerah setempat.

"Sebanyak 600 benda kuno itu terbagi dalam delapan koleksi yang terhimpun di dalam Rumah Gadang yang dulunya bernama Museum Bundo Kanduang," kata ahli budaya sekaligus pemateri dalam rangkaian kegiatan sosialisasi pemanfaatan museum bersejarah, Silvia Devi, di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Rabu.

Baca Juga

Silvia menjelaskan, koleksinya terbagi dalam miniatur arsitektur tradisional, pakaian adat, perlengkapan rumah tradisional, perlengkapan mata pencarian, kesenian, beladiri, sejarah, dan hewan yang diawetkan. Ia mengatakan, rumah adat ini menjadi salah satu museum terbaik di Kota Bukittinggi dan Sumatra Barat.

"Museum Rumah Adat Nan Baanjuang dibangun oleh seorang berkebangsaan Belanda, Modelar Countrolleur, pada 1953," ungkap Silvia.

 
 

 
 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA