Monday, 14 Jumadil Akhir 1443 / 17 January 2022

KSP Klaim Kabar Varian Omicron Ditemukan di Bekasi adalah Hoaks

Rabu 08 Dec 2021 17:22 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Mas Alamil Huda

Varian Omicron (ilustrasi). KSP mengonfirmasi pemberitaan tentang empat orang di Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, terpapar Covid-19 varian Omicron, adalah berita bohong atau hoaks.

Varian Omicron (ilustrasi). KSP mengonfirmasi pemberitaan tentang empat orang di Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, terpapar Covid-19 varian Omicron, adalah berita bohong atau hoaks.

Foto: Republika
KSP mengonfirmasi empat orang di Cikarang Barat terpapar omicron adalah hoaks.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kantor Staf Presiden (KSP) mengonfirmasi pemberitaan tentang empat orang di Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, terpapar Covid-19 varian Omicron, adalah berita bohong atau hoaks. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Abraham Wirotomo menegaskan hal tersebut setelah melakukan klarifikasi informasi kepada Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti.

“Tidak ada bukti dan tidak ada statement apapun dari saya bahwa varian Omicron sudah masuk Bekasi,” kata Abraham menirukan pernyataan Kadinkes Bekasi yang dikutip dari siaran pers KSP, pada Rabu (8/12) 

Baca Juga

Abraham mengungkap, hasil penelusuran tim Dinkes Bekasi ke laboratorium yang melakukan testing menunjukan, empat orang yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 tersebut, tertular varuan Delta bukan Omicron sebagaimana ramai dibicarakan.

“Keempat warga yang positif sudah dilakukan karantina, dan juga dilakukan tracing pada kontak erat. Langkah-langkah sudah dijalankan sesuai protokol,” kata Abraham

Ia pun menyesalkan, pemberitaan tersebut tanpa melalui klarifikasi dari sumber utama, yakni pihak Dinkes atau Kemenkes. “Hoaks semacam ini bisa merugikan masyarakat dan menimbulkan kepanikan yang tidak diperlukan,” katanya.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI juga membantah tegas kabar ditemukannya empat kasus varian Omicron di Bekasi. Juru bicara vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, varian Corona B.1.1.529 hingga kini belum ditemukan di Indonesia. "Belum ada," kata Nadia, Rabu (8/12)

Sebagai informasi, sebelumnya media sosial dihebohkan oleh informasi tentang munculnya varian Omicron di Bekasi. Dalam pemberitaan disebutkan, empat orang dinyatakan terpapar Covid-19 varian Omicron setelah dilakukan pemeriksaan sampel di Laboratorium Farmalab, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Keempat orang itu diduga tertular virus Omicron seusai melakukan perjalanan ke luar negeri.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA