Sunday, 13 Jumadil Akhir 1443 / 16 January 2022

Kebiasaan Ini Bisa Buat Anda Terlihat Lebih Muda

Rabu 08 Dec 2021 16:19 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti

Kebiasaan ini membuat Anda terlihat lebih muda (ilustrasi).

Kebiasaan ini membuat Anda terlihat lebih muda (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Gaya hidup sehat membantu mempertahankan tampilan dan semangat muda lebih lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Kebiasaan yang dikembangkan sejak dini membuat perbedaan besar pada kemudian hari dalam hal bagaimana Anda menua dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Menjalani gaya hidup sehat dan mengadopsi kebiasaan positif membantu mempertahankan tampilan dan semangat muda lebih lama.

Dilansir di laman Eat This Not That pada Rabu (8/12), terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar terlihat lebih muda, yakni: 

Baca Juga

1. Biasakan tubuh dengan postur yang tegak 

Sungguh menakjubkan, betapa banyak efek postur pada kemampuan tubuh untuk membuat Anda merasa muda dan bersemangat.  Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan nyeri punggung dan leher kronis, yang dapat menyebabkan nyeri sendi dan anggota badan. 

Bisa juga dapat menyebabkan lebih sedikit gerakan dan gaya hidup yang lebih banyak bergerak, yang  dapat menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes, yang dapat menyebabkan penuaan dini, kecacatan dan kematian dini. 

2. Tidak duduk terus menerus 

Salah satu di Amerika Serikat (AS), dr Stephenson mengatakan, bekerja di meja kerja atau tidak aktif membuat Anda lebih cepat tua. Efek kesehatan dari duduk sepanjang hari sangat mengejutkan dan begitu juga jumlah waktu yang dihabiskan kebanyakan orang untuk duduk. Duduk sepanjang hari tidak hanya dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk dan nyeri kronis, tetapi duduk sepanjang hari meningkatkan risiko penyakit jantung dan gagal jantung.  

3. Jangan terlalu banyak konsumsi makanan manis 

Mengonsumsi makanan tinggi gula dapat memicu atau berkontribusi pada peradangan kronis. Makanan manis menyebabkan hampir setiap penyakit kronis umum yang menurunkan kesehatan dan mempercepat penuaan termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, kanker, demensia, dan autoimun.  

4. Cukup tidur

Tidur malam yang berkualitas tujuh hingga sembilan jam adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penuaan dini. Sebaliknya, tidak ada yang membuat tubuh, kulit dan otak Anda menua lebih lama lagi. Sebuah studi UCLA menunjukkan bahwa hanya satu malam kurang tidur dapat membuat sel menua lebih cepat.

5. Usahakan tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari langsung

Meskipun matahari sangat baik untuk Vitamin D, ada efek dari sinar ultraviolet. Sinar ini menembus kulit dan merusak serat elastis yang menjaga kulit Anda tetap kencang.  Sinat ultraviolet dapat mempercepat kerutan. Anda juga tahu bahwa sinar matahari bertanggung jawab atas bintik-bintik gelap, juga dikenal sebagai bintik-bintik di tangan dan wajah Anda.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA