Rabu 08 Dec 2021 15:53 WIB

 Pemanfaatan dan Implementasi Buku Tamu Berbasis Digital

Dosen Universitas BSi hibahkan dan beri pelatihan implementasi buku digital

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak melakukan pengabdian masyarakat (PM) dengan memberikan hibah dan pelatihan penggunaan aplikasi buku tamu berbasis digital. Kegiatan ini dilakukan di Kantor Desa Arang Limbung dan Parit Baru, Kubu Raya pada Ahad (21/11) silam.
Foto: UBSI
Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak melakukan pengabdian masyarakat (PM) dengan memberikan hibah dan pelatihan penggunaan aplikasi buku tamu berbasis digital. Kegiatan ini dilakukan di Kantor Desa Arang Limbung dan Parit Baru, Kubu Raya pada Ahad (21/11) silam.

REPUBLIKA.CO.ID,  PONTIANAK -- Era digitalisasi, membuat semua sistem yang semula manual menjadi serba digital. Buku tamu contohnya, yang semula hanya ditulis tangan pada sebuah buku, kini telah muncul scan barcode, hingga aplikasi web yang memudahkan para instansi dan pengunjung untuk mengetahui jumlah kunjungan, hingga ketersediaan orang yang ingin ditemui. 

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak, memahami hal itu dengan melakukan pengabdian masyarakat (PM) dengan memberikan hibah dan pelatihan penggunaan aplikasi buku tamu berbasis digital.

Baca Juga

Kegiatan ini dilakukan di Kantor Desa Arang Limbung dan Parit Baru, Kubu Raya pada Ahad (21/11) silam. Tim dosen terdiri dari Sri Murni, Panny Agustia Rahayuningsih, Riski Annisa, Raja Sabarudin dan beberapa mahasiswa Universitas BSI.

Sri Murni, selaku ketua pelaksana menjelaskan dengan adanya pelatihan ini dan aplikasi buku tamu ini dapat memberikan kemudahan petugas untuk mengetahui seberapa banyak jumlah tamu atau orang yang datang atau ingin bertemu dengan pihak instansi. 

 

“Selain itu, aplikasi buku tamu digital ini juga bisa mengetahui apakah pihak instansi bisa ditemui atau tidak, sesuai dengan jamnya dan dapat membantu pihak desa dalam melakukan manajemen data kunjungan. Selain itu, dapat meminimalisirkan terjadinya antrean atau kerumuan yang datang ke kantor tersebut selama masa pandemi,” ujar Sri dalam rilis yang diterima, Selasa (7/12). 

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan inovasi baru dalam memanfaatkan buku tamu berbasis digital dan kedepannya dapat melakukan kerja sama kembali dengan tema kegiatan yang berbeda. 

“Adapun materi yang disampaikan, meliputi cara penggunaan aplikasi buku tamu, langkah-langkah dalam penggunaan aplikasi tersebut dari login, input data sampai ke laporannya. Tak hanya itu, peserta juga dapat langsung bisa mempraktikannya sendiri di laptop/PC (Personal Computer) masing-masing yang sudah di install aplikasi tersebut,” imbuhnya. 

Alma, sebagai perwakilan Kantor Desa Arang Limbung memberikan tanggapan atas pelaksanaan hibah dan pelatihan aplikasi buku tamu digital ini. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat sekali untuk petugas kantor bagian administrasi khususnya bagian yang menerima tamu setiap harinya.

“Dengan adanya aplikasi ini, membantu sekali dalam pekerjaan petugas untuk memantau data tamu secara langsung melalui aplikasi ini. Era pandemi saat ini memang sangat dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat mendukung kinerja petugasnya. Dimana tidak adanya kerumunan dan tetap melaksanakan protokol kesehatan, dengan adanya aplikasi buku tamu digital ini, sangat berguna sekali buat kami, terutama kantor, dalam mengelola data kunjungan dan meminimalisir keramaiaan juga,” tutup Alma. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement