Thursday, 25 Syawwal 1443 / 26 May 2022

WHO: Plasma Konvalesen tak Bermanfaat untuk Pasien Covid-19

Rabu 08 Dec 2021 15:48 WIB

Rep: Puti Almas, Haura Hafizhah/ Red: Reiny Dwinanda

Penyintas Covid-19 mendonorkan plasma darahnya. WHO sangat tidak menganjurkan plasma konvalesen untuk pasien Covid-19 ringan dan tidak merekomendasikannya untuk pasien bergejala berat dan kritis.

Foto:
Tim pakar WHO tak merekomendasikan plasma konvalesen untuk pasien Covid-19.

Dalam uji coba plasma konvalesen, REMAP-CAP melibatkan 2.011 orang dewasa yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19 gejala parah. Mereka diacak untuk menerima dua unit plasma konvalesen atau tanpa plasma.

Para peneliti tidak dapat menentukan mengapa plasma konvalesen tidak meningkatkan hasil positif pada sebagian besar pasien yang sakit kritis. Mereka berspekulasi bahwa itu bisa menjadi kombinasi dari terlalu sedikit antibodi berkualitas tinggi dalam plasma dan pasien tersebut kondisinya terlampau berat dengan respons imun inflamasi yang tidak terkendali sehingga antibodi yang diberikan tak sanggup untuk membalikkan keadaan.

Menurut peneliti, ada kemungkinan bahwa plasma konvalesen membantu orang dalam tahap awal penyakit. Meskipun demikian, pemberiannya kemungkinan tidak efisien untuk digunakan mengingat cara pemberiannya yang lebih rumit dan mahal ketimbang antibodi monoklonal yang tersedia sebagai pengobatan yang sangat efektif untuk Covid-19 awal.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA