Rabu 08 Dec 2021 15:34 WIB

Pembuktian Kedalaman Skuad Persib

Robert sadar bahwa kedalaman skuad Persib yang bagus

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Muhammad Akbar
Persib Bandung kembali latihan rutin untuk persiapan seri tiga kompetisi Liga 1 2021/2022 di Lapangan Soccer Republic, Pasteur, Kota Bandung, Rabu (10/11).
Foto: Dok. Persib
Persib Bandung kembali latihan rutin untuk persiapan seri tiga kompetisi Liga 1 2021/2022 di Lapangan Soccer Republic, Pasteur, Kota Bandung, Rabu (10/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung akan menghadapi Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12). Dalam laga ini kedua tim sama-sama mematok poin penuh.

Persib Bandung akan kembali bermain tanpa pemain asingnya, Mohammed Rashid yang baru saja menyelesaikan turnamen FIFA Arab Cup bersama tim nasional Palestina. Kehilangan Rashid membuat Persib hanya bisa memainkan tiga pemain asingnya.

Baca Juga

"Kami tidak bisa memaksa pemain lain untuk seperti Rashid jadi kami harus membuat keseimbangan yang bagus ketika Rashid absen," kata pelatih Persib, Robert Rene Alberts, Selasa (7/12).

Di sisi lain, Robert sudah mengorbankan striker asingnya, Geoffrey Castillion sebagai cadangan. Di laga sebelumnya kontra Madura United, Persib memulai pertandingan dengan memainkan dua pemain asing saja.

Hal ini karena Persib mencoba memainkan pola 4-3-3 dengan menurunkan tiga gelandang, Marc Klok, Dedi Kusnandar, dan Beckham Putra Nugraha. Robert pun tidak mengelak jika dia harus mengorbankan Geoffrey untuk mulai laga dari bangku cadangan.

"Jika kami kembali tampil dengan kombinasi dan sistem tersebut, pemain seperti Geoffrey tidak mempunyai tempat saat ini. Tapi itu normal, Geoffrey juga tetap berkontribusi pada tim," kata Robert.

Robert sadar bahwa kedalaman skuad Persib yang bagus tidak selalu membutuhkan skema permainan yang sama. Untuk itu menghadapi Persebaya, Robert tidak ingin tim ketergantungan pada Rashid dan tetap menggunakan skema tiga gelandang.

"Tapi yang terpenting adalah motivasi untuk tim. Ini semua tentang karakter dan determinasi untuk memenangkan pertandingan, hal lain kemudian akan mengikutinya," kata Robert.

Persib masih harus bermain tanpa dua pemainnya, Ezra Walian dan Victor Igbonefo yang memperkuat tim nasional di ajang Piala AFF 2020. Selain itu, ada Ardi Idrus yang absen karena akumulasi kartu dan Teja Paku Alam yang masih cedera.

Poin penuh pun menjadi harga mati bagi Persebaya Surabaya. Berbeda dari Persib yang kehilangan pemainnya, Persebaya masih bisa tampil dengan kekuatan maksimal.

Persebaya masih bisa menurunkan Rizky Ridho dan Ernando Ari yang mendapatkan panggilan tim nasional Indonesia. Keduanya baru akan bergabung dengan tim setelah Persebaya melawan Persib.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso mengakui kehadiran kedua pemain itu memang penting bagi tim. Sehingga dia memastikan seluruh pemain dalam keadaan siap.

"Persiapan kami sudah cukup bagus untuk pertandingan besok, semua pemain dalam keadaan siap. Ridho dan Ernando masih bisa melawan Persib sebelum bergabung dengan timnas," kata Aji.

Berbeda dari Robert, Aji tidak ingin membeberkan rencana timnya untuk menghadapi Persib. Dia hanya memastikan tim sudah siap untuk bertanding.

Aji justru menyoroti bagaimana pertemuan kedua tim legendaris ini akan berjalan. Menurutnya, akan ada hujan gol dan permainan menarik yang tersaji.

"Dalam pertandingan nanti pasti akan berjalan seru, kedua tim adalah tim besar, punya sejarah panjang di sepak bola Indonesia dan kedua tim punya materi tim cukup potensial," kata Aji.

"Saya tahu taktikal Robert itdak terlalu suka dengan pemain yang benar-benar defensif dan saya juta tidak suka itu, jadi tim kami akan tampil menyerang di pertandingan nanti," kata Aji.

Dukungan pun diberikan Bonek, penggemar Persebaya, untuk laga ini. Bonek menjual tiket online yang hasil penjualan akan seluruhnya didonasikan bagi korban erupsi Gunung Semeru.

Untuk itu, Aji ingin membayarkan dukungan itu dengan poin penuh. Aji tahu laga nanti tidak akan mudah, untuk itu dia meminta doa Bonek agar Persebaya mendapatkan poin penuh.

"Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenangkan pertandingan meskipun tidak mudah, kita tahu Persib Persebaya ini akan jadi pertandingan yang menarik ditonton, semoga Persebaya tampil menghibur dan bisa menang," kata Aji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement