Rabu 08 Dec 2021 11:07 WIB

Kota Malang Waspadai Penyebaran Covid-19 Varian Omicron

Hingga saat ini, Husnul belum menerima laporan kasus Omicron di Kota Malang.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Fernan Rahadi
Varian Omicron
Foto: Republika
Varian Omicron

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG - Saat ini Covid-19 varian baru bernama Omicron menjadi perhatian khusus oleh masyarakat dunia. Pasalnya, virus yang bermula dari Afrika ini sudah mulai menyebar di beberapa negara. 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Malang, Husnul Muarif mengatakan, mitigasi untuk penyebaran Covid-19 varian Omicron tidak berbeda dengan sebelumnya. Pertama, masyarakat yang selama ini kurang mematuhi protokol kesehatan dianjurkan dapat menjalankan aturan tersebut dengan baik ke depannya. Kedua, masyarakat yang masih belum vaksin diharapkan bisa datang ke fasilitas kesehatan untuk vaksin. 

"Dua inilah nantinya yang bisa memberikan pencegahan  baik varian baru maupun varian yang lama kemudian bagaimana prokes kita laksanakan dengan baik dan vaksin," ucap Husnul saat ditemui wartawan di RSUD Saiful Anwar, Selasa (7/12).

Hingga saat ini, Husnul belum menerima laporan kasus Omicron di Kota Malang. Namun dia berharap, penyebaran Covid-19 varian tersebut tidak terjadi di Indonesia termasuk Kota Malang. 

 

Adapun mengenai mutasi, Husnul menilai, masing-masing virus mempunyai perilaku yang berbeda. Saat dilakukan manipulasi ataupun penyebaran yang lebih banyak, itu kemungkinan akan terjadi perubahan perilakuny. Bisa juga menyebabkan mutasinya justru lebih banyak.

"Jadi kesimpulannya, kalau penyebarannya itu banyak, maka mutasinya akan kemungkinan lebih banyak juga," kata dia menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement