Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Menanti Uji Coba Kedua Rangnick di MU

Rabu 08 Dec 2021 07:33 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih Manchester United, Ralf Rangnick.

Pelatih Manchester United, Ralf Rangnick.

Foto: EPA-EFE/Peter Powel
Ralf Rangnick punya kebebasan untuk mengistirahatkan sejumlah pemain bintangnya.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United (MU) tidak banyak beban saat menjamu Young Boys dalam laga terakhir fase grup Liga Champions. Sebab, Iblis Merah telah memastikan tempat di babak 16 besar setelah menjadi penguasa Grup F.

Oleh karena itu, pertandingan di Old Trafford nanti menjadi ajang yang pas bagi Ralf Rangnick untuk melakukan uji coba. Rangnick menjalani start yang sempurna dalam menjalani perannya sebagai pelatih MU.

Baca Juga

Gol Fred di babak kedua membuat MU menang 1-0 atas Crystal Palace di pentas Liga Primer Inggris. Tiga poin dari Palace membuat Man United naik ke peringkat enam dan hanya selisih tiga poin dari empat besar. Juara Liga Inggris 20 kali itu akan menghadapi Norwich City dan Brentford dalam dua pertandingan selanjutnya di liga setelah melawan Young Boys.

Oleh karena itu, Rangnick punya kebebasan untuk mengistirahatkan sejumlah pemain bintangnya dalam pertandingan di Liga Champions ini. Dengan banyaknya skuad yang dimiliki MU, ada sejumlah pemain berbakat dan pengalaman yang jarang bahkan tidak pernah dimainkan sejak Ole Gunnar Solskjaer dipecat.

Nama seperti Mason Greenwood maupun Anthony Martial, yang selalu jadi langganan starter Solskjaer, lebih sering duduk di bangku cadangan.

Apalagi, dengan taktik gegenpressing yang bakal kembali diterapkan, pelatih asal Jerman itu tentu berharap bisa memanggil pemain yang lebih bugar untuk menghadapi Young Boys. Paling tidak, Rangnick bisa melihat bagaimana pemain mudanya tampil di depan pendukung sendiri, tanpa harus mengambil risiko nasib klub di babak 16 besar.

Di sisi lain, Rangnick masih harus memperbaiki stamina pemain MU. Juru taktik asal Jermain itu mengakui kalau pemainnya hanya mampu tampil dengan tekanan tinggi selama setengah jam saat melawan Palace. Karena setelah menit ke-30, Cristiano Ronaldo dkk menurunkan tempo permainan.

''Saya hanya mengatakan kepada mereka untuk menjaga tempo tinggi, menjaga intensitas tinggi,'' ujar Rangnick dikutip dari laman resmi MU, Selasa (7/12).

Strategi itu kemungkinan besar bakal kembali diterapkan oleh Rangnick. Fred bisa jadi masih akan menjadi andalan di lini tengah. Sementara Donny van de Beek bisa jadi alternatif untuk mengistirahatkan Bruno Fernandes.

Ronaldo, yang terlihat kelelahan di babak kedua saat melawan Palace, bisa digantikan sementara oleh Anthony Martial atau Edinson Cavani. Ada banyak alternatif bagi Rangnick memilih skuad yang memiliki energi penuh untuk bisa menjaga start positifnya. Karena itu, Rangnick mengindikasikan membuat perubahan besar saat timnya melawan Young Boys.

Sementara Young Boys, yang saat ini berada di peringkat keempat Grup F, hanya mengumpulkan empat poin dari lima pertandingan terakhir, dengan satu kemenangan, sekali imbang. dan tiga kali kalah. Menariknya, satu kemenangan itu didapat saat menghadapi MU di laga pembuka Liga Champions.

Klub asal Swiss tersebut hanya berjarak dua poin dari peringkat tiga Atalanta, dan masih bisa mengeklaim tiket ke Liga Europa. Meskipun menang dari MU, tapi Young Boys berharap Atalanta kalah dari peringkat kedua, Villarreal.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA