Rabu 08 Dec 2021 06:23 WIB

Realistiskah Pidato Joe Biden Bahwa Jakarta akan Tenggelam?

Jakarta Tenggelam, prediksi Joe Biden dengan realita cepat mana?

Nyonya Belanda pergi plesiran di Sunda Kalapa pada zaman dahulu.
Foto: Ridwan Saidi
Nyonya Belanda pergi plesiran di Sunda Kalapa pada zaman dahulu.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ridwan Saidi, Politisi Senior, Sejarawan, dan Budayawan Betawi

"Dalam10 tahun ke depan Jakarta tenggelam!. Pernyataan ini dikatakan Presiden USA Joe Biden dakam pidatonya pada 27 Juli 2021, di depan Kantor Direktorat Intelejen Nasional. Ini selain mengejutkan, penyebutan Jakarta oleh Biden mengundang spekulasi. Yang pasti bagi AS bila disebut seperti itu kota Jakarta menjadi perhatian AS.

Tentu ada dasar yang kuat bagi Biden untuk katakan hal itu. Tapi kenapa di Kantor Intelejen? 

Sebagai anak Jakarta yang sempat menikmati indahnya pantai Jakarta seraya ditingkah senandung Bandar Jakarta ciptaan komponis Betawi Ismail Marzuki, saya kini tak dapat gembira apalagi ber-canda-canda. Belum pernah ada presiden negara apa pun kecuali President AS ini bicara dengan serius tentang Jakarta. Jakarta harus diselamatkan dari kelakuan pemodal yang tahunya hanya mau ambil untung. Dengan korbankan pantai kami yang semula tak bercacat mulai dari Kamal Muara dan Kali Adem sampai Sampur dan Marunda. Sampur hilang, Marunda tak jelas bentuk. Pulau-pulau alpabet tutup Kamal Muara dan Kali Adem seraya tanah dipacul dari pulau Serebu. 

Maka: "Dalam 10 tahun Jakarta tenggelem", kata Joe Biden.

Sunda Kalapa sungguh damai dan indah seperti karya lithografi di atas. Sayang Sunda Kalapa sebagai asset Nasional tak dirawat dengan semestinya bahkan pemodal berlomba merusak bukan saja Sunda Kalapa, tapi juga Jakarta bahkan Indonesia. Para pejabat pusat dan daerah jangan merasa dirinya pintar, tapi tiada berdaya apa-apa ketika Sumeru meletus dan rob hantam Jakarta sejak 4 Desember 2021 tak henti2 hingga sekarang. Keplauan Seribu kebanjiran. Malah bencana meluas hampir di seluruh Jawa lalu NTB, Kalimantan, Sulawesi Selatan, semalam  Manado.

Ancol yang katanya mau jadi arena balap Formula E menjadi kolam air terbesar di dunia, bukan lautan juga bukan kolam susu.

Mr President, I wanna ask U, why  were U predicted the dark future of our Jakarta? Kiranya tentu Tuan ada kekhawatiran tentang "Jakarta" (baca Indonesia).

Jika bencana berlalu, apa rencana elit pemerintah dan pemda-pemda?

Belum usai pula berpikir rob, longsor, dan gunung meletus, beredar pula khobar Cilegon akan dihantam tsunami.What happened to us? Kok begini benar nasib kita. Atau serial bencana akses solusi. 

Berharaplah dengan memelihara api harapan sekecil apa pun. Jangan biarkan padam. Wa ba'duHu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement