Sunday, 13 Jumadil Akhir 1443 / 16 January 2022

Leipzig Melanjutkan Langkah ke Liga Europa

Rabu 08 Dec 2021 04:02 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ratna Puspita

Pemain Leipzig Andre Silva (kiri) merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak keunggulan 2-0 pada pertandingan sepak bola grup A Liga Champions UEFA antara RB Leipzig dan Manchester City di Red Bull Arena di Leipzig, Jerman, 07 Desember 2021.

Pemain Leipzig Andre Silva (kiri) merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak keunggulan 2-0 pada pertandingan sepak bola grup A Liga Champions UEFA antara RB Leipzig dan Manchester City di Red Bull Arena di Leipzig, Jerman, 07 Desember 2021.

Foto: EPA-EFE/FILIP SINGER
PSG memangkas jarak poin dengan City, yang berada di peringkat teratas. 

REPUBLIKA.CO.ID, LEIPZIG -- Manchester City dipaksa mengakui keunggulan RB Leipzig, 2-1, pada laga pamungkas penyisihan Grup A Liga Champions, Rabu (8/12) dini hari WIB. Kemenangan ini akhirnya mengantarkan Die Rotten Bullen bertahan di kompetisi Eropa pada musim ini. RB Leipzig mengakhiri penyisihan Grup A di peringkat ketiga dengan koleksi tujuh poin dari enam laga. 

Meski gagal melangkah ke babak 16 besar Liga Champions, Leipzig berhak tampil di fase gugur Liga Europa. Sementara Brugge harus gigit jari setelah gagal memetik kemenangan di laga terakhir penyisihan Grup A. Wakil Belgia itu menyerah, 1-3, kala melawat ke markas Paris Saint Germain (PSG). 

Baca Juga

Atas hasil ini, Brugge terpaku di dasar klasemen akhir Grup A dan tertinggal tiga poin dari Leipzig. Brugge pun mesti menyudahi kiprahnya di pentas kompetisi Eropa pada musim ini. 

Melawat ke Stadion Parc de Princess, Brugge tidak bisa menandingi kualitas pemain yang dimiliki Les Parisien. Bahkan, laga baru berjalan tujuh menit, PSG sudah mampu unggul dua gol lewat torehan Kylian Mbappe. 

Pada menit kedua, Mbappe menyambar bola hasil halauan kiper Simon Mignolet. Kemudian, lima menit berselang, penyerang asal Prancis itu melepaskan sepakan voli usai memanfaatkan umpan lambung terobosan Angel Di Maria. 

Lionel Messi melengkapi keunggulan PSG pada menit ke-33 lewat sepakan melengkung usai menerima umpan Mbappe. Bola sepakan Messi itu mengarah ke sebelah kanan gawang Brugge tanpa bisa dihalau Mignolet. 

Brugge baru bisa membalas pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-68 lewat sepakan kaki kiri Mats Rits dari dalam kotak penalti. Gol itu menjadi satu-satunya gol balasan Brugge sekaligus menjadi gol terakhir di laga itu. 

Buat PSG, kemenangan ini memantapkan posisi tim besutan Mauricio Pochettino itu di peringkat kedua klasemen akhir Grup A. Tambahan tiga angka di laga ini juga membawa PSG memangkas jarak poin dengan City, yang berada di peringkat teratas. 

Duduk sebagai //runner-up// Grup A, PSG hanya terpaut satu poin dari City yang gagal memetik poin di laga pamungkas. Tim besutan Pep Guardiola itu memang terlihat kesulitan dalam membongkar pertahanan Leipzig. 

Dalam laga di Stadion RB Arena itu, City mampu menguasai jalannya pertandingan lewat penguasaan bola. Namun, pada menit ke-24, City justru dikejutkan oleh gol Dominik Szoboszlai setelah memanfaatkan umpan terobosan Konrad Laimer dari tengah lapangan.

Tidak berhenti sampai disitu, Die Rotten Bullen juga berhasil menggandakan kedudukan pada menit ke-71 lewat torehan Andre Silva. Penyerang asal Portugal itu sukses memaksimalkan umpan dari Emil Forsberg. 

City akhirnya berhasil membalas pada menit ke-76 melalui tandukan Riyad Mahrez setelah memanfaatkan umpan dari Oleksandr Zinchenko. Namun, upaya City untuk bisa menyamakan kedudukan menemui jalan terjal saat wasit mengusir Kyle Walker pada menit ke-82. 

Tampil dengan 10 pemain di delapan menit akhir laga, City akhirnya harus puas pulang dari kandang Leipzig dengan kekecewaan. Kendati demikian, kegagalan memetik poin di laga ini tidak berpengaruh pada posisi City di klasemen akhir Grup A. The Citizens tetap melangkah ke babak 16 besar Liga Champions sebagai juara Grup A dengan koleksi 12 poin dari enam laga.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA