Tuesday, 15 Jumadil Akhir 1443 / 18 January 2022

Tuesday, 15 Jumadil Akhir 1443 / 18 January 2022

Grup A, City Kalah dan PSG Menang Telak

Rabu 08 Dec 2021 03:11 WIB

Red: Ratna Puspita

Kylian Mbappe dan Lionel Messi.

Kylian Mbappe dan Lionel Messi.

Foto: EPA-EFE/Ian Langsdon
Kylian Mbappe dan Lionel Messi mencetak masing-masing dua gol untuk PSG.

REPUBLIKA.CO.ID, LEIPZIG -- Manchester City dan Paris Saint Germain (PSG) meraih hasil berbeda pada laga penutup Grup A Liga Champions, Rabu (8/12) dini hari WIB. City, yang mengakhiri pertandingan dengan 10 pemain, harus kalah 1-2 dari RB Leipzig, sedangkan PSG menang 4-1 atas Club Brugge. 

City, yang bertandang ke markas RB Leipzig di Red Bull Arena, tidak menurunkan pemain utamanya.  Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, melakukan setidaknya tujuh perubahan di starting line-up The Citizens dibanding saat membungkam Watford, 3-1, akhir pekan lalu. 

Baca Juga

City tertinggal dari Leipzig yang mencetak dua gol melalui Dominik Szobozslai pada menit ke-24 dan Andre Silva pada menit ke-71. Gol balasan City tercipta pada menit ke-76. Namun, City harus kehilangan Kyle Walker yang terkena kartu merah pada menit ke-82.

Berawal dari sebuah serangan cepat, RB Leipzig bisa mencatatkan keunggulan atas tamunya via gol dari Dominik Szoboszlai. Menerima sodoran umpan Konrad Laimer, gelandang serang asal Polandia itu berhasil lolos dari jebakan offside

Szoboszlai langsung merangsek ke dalam kotak penalti dan mengecoh Zack Steffens, yang dipercaya mengawal gawang The Citizen. Die Rotten Bullen pun mampu unggul atas The Citizens saat laga memasuki menit ke-23.

City mencoba untuk membalas. Dengan garis pertahanan yang cukup tinggi, juara bertahan Liga Primer Inggris itu terus menguasai permainan dan mengepung pertahanan Leipzig.

Sejumlah bangunan serangan The Citizens pun mampu dimentahkan barisan pertahanan Leipzig dan hanya berakhir dengan sepak pojok. Pada menit ke-39, City memiliki kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan.

Namun, upaya Phil Foden dalam memaksimalkan umpan Kevin de Bruyne masih bisa dihalau kiper Leipzig, Peter Gulasci. City akhirnya harus puas menutup babak pertama dengan kondisi tertinggal satu gol dari Leipzig.

Sementara pada laga lainnya, PSG yang sudah lolos ke fase gugur harus bermain tanpa Neymar. Namun, Kylian Mbappe dan Lionel Messi, yang mencetak masing-masing dua gol, memastikan PSG tampil dominan pada kompetisi terbaik Eropa tersebut.

Mbappe sudah membawa PSG unggul pada menit ke-2. Ia menggandakan keunggulan tuan rumah pada menit ke-7. Messi mendapatkan kesempatan menyarangkan gol pada menit ke-38 dan ke-76. Gol hiburan bagi tim tamu tercipta pada menit ke-68 melalui Mats Rits.

Paris Saint Germain tampil begitu dominan atas tamunya, Brugge. Laga baru berjalan dua menit, Les Parissiens sudah mampu unggul lewat sepakan keras Kylian Mbappe dari dalam kotak penalti.

Mbappe memanfaatkan bola rebound hasil halauan kiper Brugge, Simon Mignolet, terhadap umpan crossing Idris Gueye. Hanya berselang lima menit, Mbappe kembali mencatatkan namanya di papan skor.

Kali ini, penyerang timnas Prancis itu melepaskan sepakan voli usai memanfaatkan umpan lambung terobosan yang dilepaskan Angel di Maria. Lionel Messi tidak mau ketinggalan.

Pada menit ke-33, eks bintang Barcelona itu melepaskan tendangan melengkung dari depan kotak penalti. Usai menerima sodoran umpan dari Mbappe, Messi melepaskan sepakan terarah ke pojok kanan atas gawang Brugges tanpa bisa dihalau Mignolet.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA