Sunday, 20 Jumadil Akhir 1443 / 23 January 2022

Keuntungan Madrid Jika Tim Spanyol Lainnya Gugur di Awal

Rabu 08 Dec 2021 00:36 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pelatih kepala Real Madrid Carlo Ancelotti memberi isyarat selama pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Real Madrid dan Sevilla di stadion Bernabeu di Madrid, Spanyol, 28 November 2021.

Pelatih kepala Real Madrid Carlo Ancelotti memberi isyarat selama pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Real Madrid dan Sevilla di stadion Bernabeu di Madrid, Spanyol, 28 November 2021.

Foto: AP/Manu Fernandez
Dari lima tim, baru Madrid yang sudah pasti ke 16 besar Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Real Madrid bisa meraih keuntungan jika empat tim asal Spanyol lainnya gagal tembus ke babak 16 besar Liga Champions. Madrid satu-satunya tim Spanyol yang sudah memastikan diri lolos ke fase gugur. Sementara empat tim lainnya yakni Barcelona, Atletico Madrid, Sevilla dan Villarreal harus berjuang hingga laga terakhir penyisihan grup.

Dilansir dari Football Espana, Selasa (7/12), Barcelona harus mengalahkan Bayern Muenchen di laga terakhir untuk memastikan lolos ke babak 16 besar. Dan mengalahkan Muenchen di kandangnya sendiri jelas tak akan mudah.

Baca Juga

Sementara Barcelona bisa saja tak lolos andai kalah dari Muenchen dan Benfica menang atas Dynamo Kiev. Oleh karena itu, Blaugrana harus menyamai hasil laga Benfica melawan Dynamo Kiev yang sama-sama akan berlangsung pada Kamis (9/12) dini hari WIB.

Sedangkan Atletico juga dalam keadaan tertekan jelang pertandingan terakhir di penyisihan grup yakni melawan Porto. Sebab, tak hanya kemenangan yang dibutuhkan Atletico untuk lolos ke 16 besar tetapi mereka juga bergantung kepada hasil pertandingan AC Milan melawan Liverpool di San Siro, Rabu (8/12) dini hari WIB.

Kemenangan Atletico atas Porto tak akan berguna jika Milan menang atas Liverpool. Lalu yang lebih tragis jika Atleti kalah atau seri melawan tim asal Portugal tersebut. Sebab Atletico berada di posisi buncit dengan poin empat atau tertinggal satu poin dari Porto di urutan kedua. Dari grup ini hanya akan memperebutkan satu tiket tersisa dimana satu tiket lainnya sudah digenggam The Reds.

Sevilla harus mengalahkan RB Salzburg di laga terakhir, Kamis (9/12) dini hari WIB. Mereka berada di posisi ketiga dengan nilai enam atau terpaut satu angka di bawah Salzburg yang ada di posisi kedua dan dua poin dengan pemuncak klasemen Lille.

Hanya Villarreal yang tugasnya lebih mudah di laga terakhir melawan Atalanta di Bergamo. Pasukan Unai Emery tersebutu cukup meraih hasil imbang untuk lolos ke babak 16 besar. Namun melawan Atalanta di kandangnya juga tak mudah.

Jelang pengundian babak 16 besar Liga Champions, tim dari negara yang sama belum akan saling berhadapan. Jika Madrid bermain imbang atau menang melawan Inter Milan, Los Blancos akan menduduki puncak klasemen dan akan diundi melawan runner-up non-Spanyol pada babak berikutnya.

Jika semua tim Spanyol lolos, Madrid kemungkinan akan bermain melawan PSG, Juventus atau Sporting Lisbon. Namun jika sebaliknya, empat tim Spanyol lainnya tersingkir Madrid kemungkinan akan menghadapi Benfica, Atalanta, Salzburg, atau Porto.

Pilihan kedua jelas undian yang jauh lebih menguntungkan Madrid. Bonus tambahan lainnya adalah jika rival Madrid tersebut tersingkir dari Liga Champions dan bermain di Liga Europa maka, mereka akan memiliki jadwal yang lebih padat dan diperkirakan akan berpengaruh ke liga domestik.

Meskipun Madrid meraih hasil mengecewakan pada laga kedua penyisihan grup Liga Champions melawan Sheriff Tiraspol. Los Blancos kemudian mengamankan tiga poin pada tiga  laga berikutnya. Di Liga domestik, pasukan Carlo Ancelotti juga tak terkejar di puncak klasemen.

Karim Benzema dan kawan-kawan unggul delapan poin dari rival terdekatnya Sevilla. Sementara Barcelona masih ada di posisi ketujuh. Kemudian, Atletico di urutan keempat dengan jarak 10 poin dengan Madrid. Sedangkan Villarreal  berkutat di papan tengah yakni posisi ke-13.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA