Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

Maxi Rodriguez Akhiri Karier Profesional 

Rabu 08 Dec 2021 00:23 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ratna Puspita

Maxi Rodriguez ketika memperkuat timnas Argentina pada Piala Dunia 2014.

Maxi Rodriguez ketika memperkuat timnas Argentina pada Piala Dunia 2014.

Foto: EPA/DIEGO AZUBEL
Lionel Messi, Luis Suarez, dan Jordan Henderson menuliskan ucapan untuk Rodriguez.

REPUBLIKA.CO.ID, ROSARIO -- Mantan winger timnas Argentina, Maxi Rodriguez, resmi menutup kariernya sebagai pesepak bola profesional pada usia 40 tahun. Mantan pemain sayap Liverpool itu melakoni laga terakhirnya sebagai pesepak bola profesional saat Newell's Old Boys ditahan imbang Banfield, 0-0, dalam laga lanjutan Liga Argentina, Senin (6/12) waktu setempat. 

Pada akhir bulan lalu, Rodriguez sempat mengumumkan rencana pensiun tersebut di akun media sosialnya. Namun, mantan pemain Atletico Madrid itu baru benar-benar melakoni laga terakhirnya sebagai pesepak bola profesional di laga kontra Banfield. 

Baca Juga

Pada awal laga, Rodriguez terlihat memasuki lapangan ditemani oleh dua putrinya. Rekan-rekan setimnya di Newell's Old Boys pun mengenakan kaos yang didedikasikan kepada mantan pemain berjuluk La Feira tersebut. Rodriguez akhirnya ditarik keluar pada menit ke-11 pada babak kedua laga tersebut. 

Rodriguez terlihat mendapatkan sambutan dari rekan-rekan setimnya saat melangkah ke luar lapangan. Tidak hanya itu, para penonton pun meneriakan namanya. 

Begitu pula dengan adanya kembang api yang menyala di atas markas Newell's Old Boys, Stadion Marcelo Bielsa. Berbagai ucapan selamat pun mengalir kepada Rodriguez. 

Lewat unggahan di akun media sosialnya, bintang PSG, Lionel Messi, mengaku, merasa terhormat bisa berbagi lapangan dengan Rodriguez saat sama-sama memperkuat timnas Argentina. Sementara penyerang Atletico Madrid, Luis Suarez, memuji karakter dan karier panjang yang dimiliki Rodriguez. 

“Kemarin adalah hari spesial tidak hanya buat dirimu (Rodriguez), tapi juga buat semua yang mencintai sepak bola. Selamat atas karier yang begitu indah,” tutur Suarez dalam unggahan di akun twitternya seperti dilansir BBC, Selasa (7/12). 

Kapten Liverpool, Jordan Henderson, tidak ketinggalan memberikan ucapan kepada Rodriguez terkait keputusannya untuk ganti sepatu. “Selamat atas karier yang luar biasa. Saya merasa terhormat bisa berkerja sama dan bermain dengan Anda saat masih memperkuat Liverpool,” tutur Henderson seperti dilansir BBC

Setelah menembus tim utama Newell's Old Boys pada 1999, Rodriguez hijrah ke Eropa dan memperkuat Espanyol pada 2002. Performa apik di Espanyol membuat Rodriguez dilirik Atletico Madrid pada 2005. 

Kiprah Rodriguez kemudian berlanjut ke Liverpool pada awal musim 2009/2011. Rodriguez sukses mengantarkan The Reds merengkuh titel Piala Liga Inggris pada musim 2011/2012. Usai sempat membela Penarol selama dua tahun, tepatnya pada 2017 dan 2018, Rodriguez kembali ke klub pertamanya, Newell's Old Boys, pada awal musim 2018/2019. 

Total, Rodriguez telah mengemas 670 penampilan dan menyumbang 195 gol di level klub. Sementara bersama timnas Argentina, La Fiera mencatatkan 57 caps dan mengemas 16 gol. Prestasi terbaik Rodriguez bersama Albiceleste adalah saat mengantarkan timnas Argentina tampil di partai puncak Piala Dunia 2014.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA