Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

Kota Malang Waspadai Penyebaran Covid-19 Varian Omicron

Rabu 08 Dec 2021 00:15 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Malang, dr Husnul Muarif.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Malang, dr Husnul Muarif.

Foto: Antara
Hingga saat ini, belum menerima laporan kasus Omicron di Kota Malang.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Saat ini Covid-19 varian baru bernama Omicron menjadi perhatian khusus oleh masyarakat dunia. Pasalnya, virus yang bermula dari Afrika ini sudah mulai menyebar di beberapa negara. 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Malang, Husnul Muarif mengatakan, mitigasi untuk penyebaran Covid-19 varian Omicron tidak berbeda dengan sebelumnya. Pertama, masyarakat yang selama ini kurang mematuhi protokol kesehatan dianjurkan dapat menjalankan aturan tersebut dengan baik ke depannya. Kedua, masyarakat yang masih belum vaksin diharapkan bisa datang ke fasilitas kesehatan untuk vaksin. 

Baca Juga

"Dua inilah nantinya yang bisa memberikan pencegahan  baik varian baru maupun varian yang lama. Kemudian bagaimana prokes kita laksanakan dengan baik dan vaksin," ucap Husnul saat ditemui wartawan di RSUD Saiful Anwar, Selasa (7/12).

Hingga saat ini, Husnul belum menerima laporan kasus Omicron di Kota Malang. Namun dia berharap, penyebaran Covid-19 varian tersebut tidak terjadi di Indonesia termasuk Kota Malang. 

Adapun mengenai mutasi, Husnul menilai, masing-masing virus mempunyai perilaku yang berbeda. Saat dilakukan manipulasi ataupun penyebaran yang lebih banyak, itu kemungkinan akan terjadi perubahan perilakuny. Bisa juga menyebabkan mutasinya justru lebih banyak.

"Jadi kesimpulannya, kalau penyebarannya itu banyak, maka mutasinya akan kemungkinan lebih banyak juga," kata dia menambahkan 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA