Selasa 07 Dec 2021 19:27 WIB

5 Keutamaan Membaca 2 Ayat Terakhir Surat At Taubah 

Surat At Taubah mempunyai sejumlah keutamaan bagi pembacanya

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Surat At Taubah mempunyai sejumlah keutamaan bagi pembacanya. (ilustrasi)
Foto: republika
Surat At Taubah mempunyai sejumlah keutamaan bagi pembacanya. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Surat At Taubah merupakan surat kesembilan dalam Alquran. Surah ini tergolong surat Madaniyah yang terdiri atas 129 ayat. 

At Taubah berarti "pengampunan". Dinamakan demikian karena kata At Taubah berulang kali disebut dalam surat ini.

Baca Juga

Surat At Taubah juga memiliki banyak keutamaan. Dalam kitab al-Khashaish al-Kafiyah dijelaskan, orang yang mau mengamalkan dua ayat terakhir dalam surat At Taubah setelah sholat fardhu sebanyak tujuh kali, maka akan mendapatkan keutamaan besar. Ayat terakhir yang dimaksud yaitu: 

لَقَدْ جَاۤءَكُمْ رَسُوْلٌ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ عَزِيْزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيْصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِيْنَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ

Artinya: "Sesungguhnya telah datang kepada kalian seorang rasul dari kaum kalian sendiri, berat terasa olehnya penderitaan kalian, sangat menginginkan (keamanan dan keselamatan) bagi kalian, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. Jika mereka Berpaling (dari keimanan) maka katakanlah “Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Arasy yang agung." (QS At Taubah 128-129).

Dalam buku “Rahasia Keutamaan Surat Al-Qur’an”, Muhammad Zaairul Haq menjelaskan, orang yang membaca ayat terakhir tersebut sebanyak tujuh kali setelah sholat fardhu akan mendapatkan lima keutamaan yaitu. Pertama, yaitu Allah ﷻ akan memberikan kekuatan lahir dan batin.

Kedua, Allah ﷻ akan memberi kemuliaan di mata masyarakat. Ketiga, Allah ﷻ akan memberikan kelapangan rezeki. 

Keempat, Allah ﷻ akan memberi kebebasan bagi orang yang di penjara. Namun, surat tersebut harus dibaca setiap bakda sholat fardhu sebanyak 40 kali.

Kelima, Allah ﷻ akan memberi jalan keluar bagi orang yang mempunyai utang dan kesulitan membayarnya.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement