Selasa 07 Dec 2021 17:52 WIB

Cara Mudah Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ada dua tipe dasar kekebalan dalam tubuh yakni bawaan dan yang didapat lewat usaha.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti
Cara mudah meningkatkan kekebalan tubuh (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Cara mudah meningkatkan kekebalan tubuh (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebiasaan sehari-hari dapat memainkan peran penting dalam menjaga kekebalan tubuh yang sehat. Beberapa hal yang harus Anda lakukan mampu meningkatkan pertahanan alami Anda, sementara yang lainnya dapat menekan fungsi kekebalan Anda.

Dilansir di laman realsimple.com pada Selasa (7/12), untuk memahami bagaimana kebiasaan Anda dapat meningkatkan fungsi kekebalan, ketahuilah ada dua tipe dasar kekebalan dalam tubuh yakni bawaan dan didapat melalui usaha. Sistem kekebalan bawaan adalah garis pertahanan pertama tubuh Anda. 

Baca Juga

Berikut adalah tujuh kebiasaan seumur hidup yang harus diterapkan untuk sistem kekebalan tubuh:

1. Tidur yang cukup 

 

Tidur sangat penting untuk otak, jantung, dan sistem kekebalan tubuh. Pastikan tidur yang Anda butuhkan umumnya tujuh hingga delapan jam semalam untuk rata-rata orang dewasa. Tanpa tidur yang cukup, sel natural killer (NK) Anda menurun dan Anda mendapatkan peningkatan apa yang disebut sitokin inflamasi yang berkontribusi pada banyak masalah kesehatan.

2. Konsumsi makanan nabati 

Jika mengonsumsi banyak makanan nabati, Anda akan mengisi tubuh dengan nutrisi yang dibutuhkan sistem kekebalan, termasuk vitamin B12, kalsium, zat besi, seng, dan yodium. Anda dapat menemukan kelimpahan semua nutrisi ini dalam makanan utuh, rencana makan yang berfokus pada tanaman seperti diet Mediterania dan DASH bahkan diet vegan, selama itu direncanakan dengan baik.

Tetapi Anda tidak perlu merombak pola makan sepenuhnya dan langsung menjadi vegan selama Anda memastikan tubuh mendapatkan cukup nutrisi yang tepat untuk sistem kekebalan yang kuat.  

3. Olahraga 

Anda tahu pentingnya berolahraga secara teratur. Sesi keringat yang kuat secara langsung bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Olahraga ringan secara teratur bahkan dapat membantu meningkatkan kemanjuran vaksin, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian tentang vaksinasi flu. 

4. Kelola stres 

Tidak mungkin untuk hidup dan tidak mengalami stres tetapi semua perlu menemukan cara untuk mengelolanya. Beri diri Anda waktu istirahat setiap hari dari stres. 

Penelitian menunjukkan bahwa peristiwa kehidupan seperti masalah hubungan, perceraian, masalah karier, dan kehilangan pekerjaan dapat menekan tingkat sel NK dan T, sehingga menurunkan kekebalan, bahkan stres harian rutin seperti tenggat waktu dan kemacetan lalu lintas dapat menyebabkan perubahan kekebalan.

Ambil waktu istirahat setidaknya sekali sehari untuk memberikan sistem kekebalan tubuh Anda istirahat dan mendapatkan kembali keseimbangan. Luangkan waktu 30 menit setiap hari untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai, baik itu membaca, bermeditasi, melakukan yoga, berjalan-jalan, atau bertemu teman untuk berbincang.

5. Pertahankan berat badan 

Berat badan bukan hanya pemicu kondisi kesehatan kronis tetapi juga dapat menurunkan fungsi kekebalan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memenuhi definisi obesitas (indeks massa tubuh lebih tinggi dari 25) telah menurunkan tingkat limfosit dan sel NK yang kemudian dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Untungnya, penelitian telah menunjukkan bahwa ketika individu yang mengalami obesitas kehilangan berat badan yang sehat, fungsi kekebalan mereka sebenarnya meningkat.

6. Berhenti merokok

Ada sejuta alasan untuk tidak merokok dan menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat adalah salah satunya. Tidak hanya infeksi pernapasan lebih sering terjadi pada perokok, mereka juga cenderung lebih parah dan bertahan lebih lama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement