Selasa 07 Dec 2021 14:09 WIB

PT KPI Produksi Pertamina Dex 10 Ppm

Pertamina Dex 10 ppm itu diyakini setara EURO V dengan Cetane Number 53.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Fuji Pratiwi
Pertamina (ilustrasi). Pertamina kilang Balongan dengan menghasilkan Pertamina Dex Sulphur 10 ppm (Ultra Low Sulphur Diesel).
Foto: ANTARA/Olha Mulalinda
Pertamina (ilustrasi). Pertamina kilang Balongan dengan menghasilkan Pertamina Dex Sulphur 10 ppm (Ultra Low Sulphur Diesel).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI), kembali berinovasi dari kilang Balongan dengan menghasilkan Pertamina Dex Sulphur 10 ppm (Ultra Low Sulphur Diesel). Produk berkualitas tinggi itu mampu mendukung penurunan emisi.

Pertamina Dex 10 ppm itu diyakini setara EURO V dengan Cetane Number 53, yang dapat memaksimalkan pembakaran untuk performa mesin. Dengan kadar sulfur terendah yang menjadikannya bahan bakar ramah lingkungan, serta adanya kandungan aditif pelindung untuk mencegah korosi mesin dan maksimal dalam melindungi keawetan mesin.

Baca Juga

''Penyaluran Pertamina Dex 10 ppm ini adalah bukti kolaborasi dan sinergi antara subholding Refinery & Petrochemicals dan subholding Commercial & Trading yang bekerjasama mengkomersilkan produk unggulan ini,'' ujar Direktur Utama PT KPI, Djoko Priyono, dalam prosesi acara penyaluran perdana Pertamina Dex 10 ppm, Selasa (7/12).

Sinergi antar subholding itu juga untuk mendukung pencapaian aspirasi Pertamina menjadi perusahaan dengan nilai pasar 100 miliar dolar AS pada tahun 2024.

''Dengan diproduksinya Pertamina Dex 10ppm oleh PT KPI Kilang Balongan, akan lebih memantapkan Pertamina dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, terutama dalam penyedian energi yang lebih berkualitas,'' ungkap Djoko.

Djoko menambahkan, produk itupun merupakan sebuah inovasi BBM yang sangat ramah lingkungan dengan kandungan sulfur yang rendah, yaitu 10 ppm. ''Produk ini tentu dapat mengurangi dampak emisi gas buang yang membuat lingkungan lebih sehat,'' tegas Djoko.

Proses penyaluran perdana Pertamina Dex 10 ppm ke konsumen itu dilakukan melalui sinergi dengan Subholding Commercial & Trading, PT Pertamina Patra Niaga – Regional Jawa Bagian Barat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement