Selasa 07 Dec 2021 13:11 WIB

Wali Kota Oxford Terpesona pada Indonesia

Menurut Wali Kota, Pemda Oxford ingin meningkatkan kerja sama dengan Indonesia

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Promosi Indonesia di kota Oxford, Inggris dalam acara ISME UK Expo di Oxford Town Hall, Ahad (28/11) waktu Inggris. Menurut Wali Kota, Pemda Oxford ingin meningkatkan kerja sama dengan Indonesia.
Foto: KBRI London
Promosi Indonesia di kota Oxford, Inggris dalam acara ISME UK Expo di Oxford Town Hall, Ahad (28/11) waktu Inggris. Menurut Wali Kota, Pemda Oxford ingin meningkatkan kerja sama dengan Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Wali Kota Oxford Councillor Mark Lygo rupanya menaruh hati pada Indonesia. Dalam acara ISME Expo UK Expo in Oxford, dia sangat antusias mendalami budaya, makanan, dan filosofi terkait Indonesia.

Lygo menikmati nyanyian Tanah Air maha karya Ibu Sud yang diiringi alunan saksofon yang dimainkan apik oleh Duta Besar RI untuk London Desra Percaya. Sesekali tampak tangannya mengeluarkan ponsel dan mengabadikannya.

Baca Juga

"Indonesia adalah negara besar yang sangat beragam dan kaya. Pemerintah Daerah Oxford sangat ingin meningkatkan kerja sama dengan Indonesia," ujarnya saat membuka ajang promosi Indonesia ISME UK Expo in Oxford yang digagas oleh para diaspora UMKM Indonesia di Inggris.

Councillor Mark Lygo menyinggahi satu per satu dari 30 anjungan produk UMKM dan kuliner Indonesia. Bahkan ia tampak akrab dengan mengajak ngobrol pemilik anjungan. "Tadi Councillor Mark Lygo mampir dan mencicipi siomay dari anjungan saya. Beliau bilang enak sekali," kata Yani Sampurno salah satu diaspora penggerak UMKM Indonesia di Inggris.

Tidak hanya tertarik kuliner, Councillor Mark Lygo juga tampak belanja beberapa produk UMKM. Di kantong belanjanya terlihat kerajinan tangan seperti gelas dan hiasan meja.

Usai mengelilingi semua anjungan, Councillor Mark Lygo kembali menuju panggung hiburan dan kembali mengabadikan tari Goyang Karawang yang saat itu dimainkan oleh kelompok Seni Budaya Lilla Bhawa. "Yang bikin kita semua tercengang adalah Pak Lygo ini sangat spontan orangnya. Beliau langsung menghampiri para penari dan menari bersama. Kesengsem banget sama Indonesia beliau ini," kata ketua panitia acara Enggi Holt.

ISME UK Expo in Oxford merupakan rangkaian kegiatan promosi dan roadshow produk UMKM Indonesia di berbagai kota di Inggris. Kegiatan ini sepenuhnya didukung oleh Oxford City Council dan merupakan kolaborasi dari Indonesian SMEs in the UK (ISME UK), sebuah komunitas yang terdiri dari pedagang UMKM asal Indonesia di Inggris, KBRI London, perwakilan Bank Indonesia, BNI, Mandiri dan para mahasiswa PPI.

"Pemerintah kami akan terus mendorong penguatan people to people contact dengan Indonesia. Kami juga akan terus menjadi tempat yang bersahabat bagi masyarakat dan pelajar Indonesia," ujar wali kota.

Duta Besar Desra Percaya menjelaskan dukungan Oxford City Council akan kehadiran Indonesia di Oxford memiliki makna penting. Hal ini mengingat Oxford adalah salah satu pusat pendidikan dunia dan memiliki sejarah yang panjang.

"Sangat penting untuk meningkatkan kerja sama berbagai bidang, khususnya dalam mempererat hubungan antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat Inggris di Oxford dan sekitarnya," ujar Desra.

Dengan tema Discover what Indonesia has to offer from unique products to creative services rich in culture and originality, acara tersebut menghadirkan aneka produk khas Indonesia, mulai dari kain batik dan perhiasan perak, hingga produk perlengkapan rumah yang ramah lingkunhan.

Pengunjung juga disuguhi masakan khas Indonesia, musik dan tari tradisional, workshop gamelan, maupun informasi belajar bahasa Indonesia. Suasana Oxford Town Hall itu tak ubahnya seperti Kampung Indonesia di Oxford.

sumber : KBRI London
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement