Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

...

Dari Bangku Kuliah Menuju Timnas Sepak Bola Palestina

Selasa 07 Dec 2021 08:28 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto

Gelandang Persib Bandung asal Palestina, Mohammed Rashid.

Gelandang Persib Bandung asal Palestina, Mohammed Rashid.

Foto: Persib
Rashid sebelumnya berencana untuk bekerja di bidang psikologi di Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemain Persib Bandung, Mohammed Rashid, kini tengah memperkuat Palestina di ajang FIFA Arab Cup 2021. Rashid pun memulai turnamen dengan mencetak gol ke gawang Arab Saudi di laga perdana.

Melalui laman resmi FIFA, Selasa (7/12), Rashid menceritakan tentang kariernya sebagai pemain profesional. Ternyata, menjadi pemain sepak bola bukanlah tujuan hidupnya.

Baca Juga

"Ini bukan target saya untuk menjadi seorang pemain sepak bola," kata Rashid dilansir dari laman resmi FIFA.

Rashid pindah ke Amerika Serikat (AS) pada 2013 untuk mengejar bangku kuliah di jurusan psikologi. Saat itu pula, Rashid yang sejak kecil hobi bermain sepak bola telah memikirkan akan bekerja di bidang psikologi di AS.

Namun perubahan drastis dalam karier Rashid terjadi ketika ia mendapat panggilan tim nasional (timnas) Palestina U-23 di ajang Piala AFC U-23 2018. Di tahun yang sama, pemain berposisi gelandang ini pun bertanding di Asian Games 2018 yang mengantarkannya ke timnas senior.

"Dari awal saya tidak memberikan banyak perhatian khusus pada sepak bola. Pendidikan adalah prioritas utama saya. Saya mendapatkan gelar dan saya saat itu akan memulai bekerja," kata Rashid menjelaskan. "Tapi bermain di Piala AFC U-23 dan Asian Games menjadi perubahan besar dalam tujuan hidup saya."

Dengan perkembangan pesat dalam karier sepak bolanya di timnas, Rashid pun kembali ke Palestina. Pemain usia 26 tahun ini sempat membela Al Bireh dan melanjutkan kariernya dengan Al Quds Hilal.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA