Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Kemendikbud Ajak Masyarakat Sambut Libur Nataru di Rumah

Selasa 07 Dec 2021 00:00 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengajak semua masyarakat untuk menyaksikan berbagai tayangan seni budaya di rumah dalam menyambut momen libur Natal dan tahun baru (Nataru). Itu dapat dilakukan sebagai bagian dari upaya bersama menjaga penyebaran virus Covid-19 yang sudah terkendali.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengajak semua masyarakat untuk menyaksikan berbagai tayangan seni budaya di rumah dalam menyambut momen libur Natal dan tahun baru (Nataru). Itu dapat dilakukan sebagai bagian dari upaya bersama menjaga penyebaran virus Covid-19 yang sudah terkendali.

Foto: Kemendikbud
Kemendikbud menyebut kampanye bahagia di rumah menguntungkan pekerja seni

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengajak semua masyarakat menyaksikan berbagai tayangan seni budaya di rumah dalam menyambut momen libur Natal dan tahun baru (Nataru). Itu dapat dilakukan sebagai bagian dari upaya bersama menjaga penyebaran virus Covid-19 yang sudah terkendali.

“Banyak tayangan menarik yang bisa ditonton secara daring di rumah akhir tahun ini. Semoga berbagai tayangan persembahan Kemendikbudristek dan ratusan pelaku seni budaya yang terlibat bisa menghadirkan kebahagiaan dan inspirasi pembelajaran untuk keluarga di rumah,” ujar Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid, dalam siaran pers, Senin (6/12).

Hilmar mengatakan, kampanye #BahagiadiRumah yang digaungkan sejak 2020 ini memberi ruang bagi para pekerja seni dan pelaku budaya untuk melakukan berbagai pertunjukan. Pertunjukan baik itu secara tayang langsung maupun tayang tunda di kanal Youtube Budaya Saya, akun resmi sosial media milik Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Republik Indonesia.

“Masyarakat juga dapat menambah wawasan, sebab tayangan #BahagiadiRumah akan memberikan pembelajaran mengenai banyak cabang seni,” tambahnya.

Direktur Perfilman, Musik dan Media (PMM), Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, mengatakan, berbagai film, pertunjukan musik, seminar, dan parade pertunjukan seni Indonesia akan tayang untuk menemani masyarakat dalam mengisi libur Nataru dengan #BahagiadiRumah.

"Hal ini juga untuk mendukung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 untuk mencegah peningkatan angka penularan Covid-19," kata dia.

Puluhan tayangan sepanjang Desember 2021, lanjut Mahendra, juga untuk memberi ruang yang luas untuk para penggiat seni budaya bisa tampil dan mendapat sambutan baik dari masyarakat Indonesia dengan nonton bareng di rumah.

Sejumlah program yang diproduksi dan didukung Direktorat PMM, seperti Festival Musik Tradisi Indonesia (FMTI) 2021, Parade Pertunjukan Seni Media Baru, dan Borobudur Writers and Cultural Festival (BWCF) 2021 juga akan ditayangkan. Selain itu, tayangan khusus anak dalam program Senandung Pelangi-Warisan Budaya Indonesia dari Ditjen Kebudayaan juga akan ditayangkan untuk menemani masa libur sekolah di akhir dan awal tahun.

Mahendra juga meyakini, dengan selalu mendukung karya dari para musisi juga sineas film dalam negeri, semangat industri musik dan perfilman Indonesia akan terus tumbuh, apalagi setelah sangat terpukul di masa pandemi ini.

“Dukungan yang paling sederhana untuk memajukan kebudayaan Indonesia dan mendukung industri musik dan film agar pulih, adalah bagi masyarakat untuk tetap menonton karya-karya pelaku seni dan budaya kita,” tutupnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA