Friday, 26 Syawwal 1443 / 27 May 2022

Politikus PDIP: Kandidat Capres-Cawapres Masih Dinamis

Senin 06 Dec 2021 23:50 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Karta Raharja Ucu

Dua politikus PDIP Puan Maharani dan Ganjar Pranowo masuk dalam daftar kandidat capres-cawapres pada Pilpres 2024.

Dua politikus PDIP Puan Maharani dan Ganjar Pranowo masuk dalam daftar kandidat capres-cawapres pada Pilpres 2024.

Foto: Republika/Fitriyanto
Hendrawan Supratikno menilai tak ada yang istimewa dari rilis survei capres-cawapres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno menanggapi santai sejumlah survei terkait capres-cawapres Pilpres 2024, termasuk survei Indikator Politik Indonesia yang menyebut dua politikus PDIP, Puan Maharani dan Ganjar Pranowo masuk dalam kandidat kuat. Ia menilai tidak ada yang istimewa dengan rilis tersebut.

"Tak ada yang istimewa. Jangan suka dibuat terkejut dengan hasil-hasil survei, masih sangat dinamis ke depan," ujar Hendrawan Supratikno saat dihubungi Republika.co.id, Senin (6/12).

Baca Juga

Rilis semacam ini menurut dia, seperti matematika umum dalam politik yang sudah dikuasai semua politisi. Jadi yang susah adalah insting, intuisi, relasi unik, informasi spesifik, dan yang sejenis.

"Hal-hal terpenting dalam keputusan politik tidak tertangkap dalam survei," katanya. Meski begitu ia memastikan PDIP mencatat hasil survei Indikator sebagai tambahan bahan kajian.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, saat ini tidak ada pasangan calon presiden (capres) 2024 yang paling dominan atau mengungguli pasangan calon lainnya. Dari tiga pasangan yang disimulasikan, pasangan Prabowo-Puan unggul tipis.

Jika Pilpres 2024 diikuti oleh tiga pasangan, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Menteri BUMN Erick Thohir, lalu pasangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, serta pasangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua DPR Puan Maharani, hasilnya masing-masing pasangan ini, yakni Anies-Erick memperoleh 28,2 persen, Ganjar-Airlangga 28,8 persen sedangkan Prabowo-Puan 29,9 persen.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA