Senin 06 Dec 2021 22:50 WIB

Produksi Teh PTPN XII di Semeru Masih Berjalan

PTPN XII mengimbau karyawan waspada bila terjadi letusan susulan Gunung Semeru.

Kebun teh milik PTPN XII. Produksi teh PTPN XII di kaki Gunung Semeru masih berjalan.
Foto: ANTARA/Seno/foc.
Kebun teh milik PTPN XII. Produksi teh PTPN XII di kaki Gunung Semeru masih berjalan.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Produksi teh yang merupakan salah satu unit kerja PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) di Kebun Kertowono yang berada di kaki Gunung Semeru saat ini masih berjalan normal.

Manajer Kebun Kertowono Erwin Malau mengatakan, kebun yang terkenal dengan Teh Gajah itu masih melaksanakan petik dan pengolahan komoditas teh seperti biasa. Namun, perusahaan mengimbau para karyawan tetap waspada apabila terjadi letusan susulan dari Gunung Semeru.

Baca Juga

"Kegiatan produksi masih berjalan normal seperti biasanya, tapi kami tetap waspada terutama untuk keselamatan kerja karyawan," kata Erwin, usai kegiatan penyaluran bantuan di Pendopo Pemkab Lumajang, Jawa Timur, Senin (6/12).

Sementara itu, PTPN XII juga telah menyalurkan bantuan bagi masyarakat terdampak letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang berupa paket sembako dan logistik senilai Rp 30 juta.

Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan PTPN XII, Winarto mengatakan, paket bantuan sembako yang disalurkan berupa beras, teh celup, sarden, mi instan, makanan ringan, susu balita, susu instan, dan air mineral. Selain itu, ada pula bantuan logistik di antaranya berupa selimut, terpal, mantel, sandal untuk masyarakat terdampak erupsi yang membutuhkan selama masa penanggulangan bencana.

"Hari ini kami salurkan sejumlah bantuan berupa kebutuhan mendesak untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru," kata Winarto dalam siaran persnya.

Ia mengatakan, PTPN XII berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Lumajang dalam penyaluran bantuan tersebut, dan diterima Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang di Pendopo Pemerintah Kabupaten Lumajang. "Penyerahan bantuan ini merupakan bantuan tahap awal yang diberikan oleh PTPN XII, selanjutnya pemberian serta penyerahan bantuan akan dilakukan kembali menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat terdampak di lokasi bencana," kata Winarto.

Seluruh bantuan yang diberikan merupakan salah satu wujud kepedulian sosial PTPN XII terhadap lingkungan sekitar terutama masyarakat yang terdampak bencana serta menjadi salah satu bentuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). "Kami turut berduka cita, berharap bantuan yang diberikan oleh PTPN XII bermanfaat dan berkesinambungan hingga bencana ini berakhir. Semoga masyarakat yang terdampak selalu diberikan kesabaran dalam menghadapi bencana ini," kata Winarto.

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement