Monday, 15 Syawwal 1443 / 16 May 2022

Generasi Muda Berperan Penting dalam Arah Perubahan Bangsa

Senin 06 Dec 2021 21:54 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Semangat motivasi dan inspirasi anak muda (ilustrasi).

Foto:
Generasi muda tidak hanya sebagai pemikir tapi sebagai penyelesai masalah.

Talenta Muda dengan Kearifan Lokal

Lebih jauh Taufan menilai generasi muda juga memiliki peran sangat penting dalam membangun narasi baru dalam pengembangan talenta muda di masa depan yang berorientasi pada kearifan lokal. Karena, kata dia, mungkin selama ini jika bicara kurikulum, Indonesia masih terpaku dengan masalah yang dihadapi pada puluhan tahun sebelumnya.

Namun, sebenarnya kita punya potensi meramu silabus, sesuai dengan DNA anak muda Indonesia saat ini dan masa depan sehingga juga punya potensi dalam membangun jembatan pola pikir inovatif agar lebih siap lagi menyambut narasi-narasi masa depan, baik itu emas ataupun yang lainnya. "Jadi saya optimis terhadap apa namanya peran generasi muda saat ini mereka saat ini berupaya untuk mempercepat yang lambat, menggunakan yang stagnan, mengganti yang tidak efektif, dan menghadirkan sesuatu yang tidak ada sebelumnya," kata dia.

Meski demikian, ia mengakui jika keberhasilan gerakan para pemuda tersebut bukanlah pekerjaan mudah. Karena butuh kerja panjang, longitudinal effort yang harus didukung oleh multipihak. "Saya yakin semua itu bisa dirasakan di sekitar 10 atau mungkin dua dekade ke depan, bahwa ke arah pendidikan Indonesia sudah membaik dengan hadirnya lebih banyak kualitas generasi yang punya kompetensi dan daya nalar kritis," ucap dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA